Kerupuk Basah, Kerupuk Unik Khas Pangkalan Bun

Nusantaratv.com - 06/08/2022 10:10

Kerupuk Basah
Kerupuk Basah

Penulis: Armansyah | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Selama ini orang mengenal krupuk sebagai makanan ringan teman saat makan, bahkan sebagian orang makan kurang nikmat kalau tidak pakai kerupuk. Kerupuk dibuat dari adonan tepung tapioka yang dicampur dengan bahan-bahan lain seperti udang atau ikan.

Ada berbagai macam kerupuk yang sudah kita kenal mulai dari kerupuk bawang, kerupuk kulit, kerupuk gendar dan lainnya. 

Namun saat kita berkunjung ke Pulau Kalimantan, tepatnya di daerah Pangkalan Bun, kita akan menemui kerupuk yang tidak seperti biasanya. 

Menyebut kuliner Pangkalan Bun, memang tidak bisa dipisahkan dari Kerupuk Basah. Kuliner ini sangat identik dengan Kota ini. Belum lengkap datang ke Pangkalan Bun kalau belum menyicipi seporsi kerupuk basah lengkap bersama dengan sambalnya.

Kerupuk basah sebenarnya mirip dengan pempek. Wujudnya pun serupa seperti pempek lenjer, berbentuk lonjong dan panjang-panjang. Kerupuk basah juga sama-sama terbuat dari ikan sungai air tawar.

Apa itu kerupuk Basah??

Dikutip dari beberapa sumber menyebutkan bahwa kerupuk basah merupakan kerupuk yang berbahan dasar ikan tengiri atau ikan belida, yang dibuat dengan campuran tepung sagu, bawang putih dan bumbu dapur lainnya. Yang membedakan dengan kerupuk lainnya adalah cara pembuatannya. Jika kerupuk lainnya melalui proses penjemuran sampai kering, kemudian di goreng, sedangkan kerupuk basah dibuat dengan cara pengukusan. Dinamakan kerupuk basah karena kerupuk yang sudah dikukus tersebut sudah matang dan juga bisa disantap langsung.

Karena proses pembuatannya yang berbeda, kerupuk basah pun juga memiliki tekstur yang berbeda. Tekstur kerupuk ini kenyal karena hasil pengukusan dan memiliki rasa gurih yang khas. Bentuk kerupuk ini biasanya berbentuk lonjong memanjang. Biasanya kerupuk ini disantap dengan menggunakan sambal, seperti sambal kacang, yang menjadikan rasanya memiliki rasa pedas dan manis. Harganya pun sangat terjangkau yaitu sekitar Rp.5000,- sampai Rp.15.000,- sesuai ukurannya.

Resep pembuatannya di rumah

Bahan – bahan

  • 1 Kilogram daging ikan tengiri
  • 500 gram tepung kanji atau sagu
  • 6 siung bawang putih
  • Merica secukupnya
  • 4 gelas air
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa

Cara membuatnya

  1. Cuci daging ikan tengiri sampai bersih
  2. Tumbuk halus bawang putih
  3. Siapkan wadah, kemudian masukkan daging ikan tengiri, bawang putih yang sudah ditumbuk, air, merica, garam, dan penyedap rasa.
  4. Aduk sampai semuanya rata dan halus
  5. Setelah rata, masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit, sampai mendapatkan tekstur adonan yang pas
  6. Langkah berikutnya adalah bentuk adonan menjadi lonjong memanjang
  7. Setelah terbentuk, kemudian kukus adonan tadi selama 30 sampai 40 menit.
  8. Setelah matang, angkat dan tiriskan.

Selain bisa dimakan langsung, kerupuk ini biasa disajikan dengan cara dibakar. Untuk membuatnya, kerupuk yang sudah dikukus, di iris kecil-kecil, kemudian ditusuk seperti sate.

Sebelum dibakar jangan lupa dioles sambel sesuai selera masing-masing. Kerupuk ini lebih nikmat jika disajikan sewaktu masih hangat. Selamat mencoba!

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in