Hidup Sehat dan Bahagia

Nusantaratv.com - 14/05/2022 19:51

Ilustrasi keluarga bahagia. (kimbo.id)
Ilustrasi keluarga bahagia. (kimbo.id)

Penulis: Armansyah | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Membiasakan hidup sehat tidak hanya untuk mendapatkan tubuh yang sehat, namun juga agar jiwa menjadi tenang, selalu berpikir positif dan bahagia. Hidup sehat dan bahagia sejak muda menjadi salah satu langkah awal untuk masa depan atau masa tua tanpa sakit-sakitan. 

Tentu semua orang berharap dapat hidup sehat dan bahagia bersama keluarga. Berbagai cara dilakukan untuk memperoleh hidup sehat dan bahagia. 

Agar tercipta keluarga bahagia, mulailah dengan pola hidup sehat. Karena, kesehatan merupakan salah satu aset terpenting dari kehidupan ini. Tak mungkin keluarga yang tak sehat bisa bahagia, mengingat kesehatan merupakan keseimbangan yang senantiasa dijaga, baik itu secara fisik maupun batin.

Berikut ini beberapa kebiasaan yang bisa diterapkan untuk mendapatkan hidup sehat dan bahagia:

1. Olahraga Teratur
Olahraga dengan teratur menjadi kunci utama hidup sehat. Selain menyegarkan dan membuat tubuh bugar sepanjang hari, dengan olahraga kita bisa terhindar dari penyakit.

Olahraga tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, namun juga akan berpengaruh pada kesehatan psikis kita. Dari beberapa penelitian menyebutkan bahwa olahraga secara teratur dapat menghilangkan stres, depresi, perasaan cemas, sedih dan lain sebagainya. Dengan olahraga kita akan lebih gembira dan bahagia.


2. Makan Makanan Bergizi dan sehat
Membiasakan diri makan makanan sehat juga menjadi faktor pendukung untuk mendapatkan hidup sehat dan bahagia. Biasakanlah memilih makanan yang membuat tubuh menjadi sehat, seperti misalnya makanan-makanan yang mengandung protein dan karbohidrat yang cukup, yang dapat membuat kita berenergi sepanjang hari. 

Kurangi junk food dan perbanyaklah makan sayur dan buah. Sayuran dan buah-buahan terbukti dapat membantu tubuh tetap sehat. Selain itu makanan juga bisa mempengaruhi suasana hati setiap harinya.

3. Tidur yang Cukup
Kunci hidup sehat dan bahagia berikutnya yaitu tidur yang cukup dan teratur. Hindari begadang, bila perlu jangan begadang apabila tidak ada keperluan yang mendesak dan genting. Karena tidur yang cukup dapat mempengaruhi kerja otak dan tubuh menjadi baik.

Tidur nyenyak merupakan salah satu kunci hidup sehat. Peneliti menemukan, mereka yang bisa tidur enam hingga delapan jam semalam cenderung hidup lebih lama dan mempunyai kesehatan yang lebih baik.

Pada umumnya orang dewasa membutuhkan tidur sekitar 7-8 jam setiap hari. Maksimal tidur jam 10 malam untuk memenuhi tidur cukup yang sehat. Apabila memiliki pekerjaan atau tugas usahakan untuk mengerjakan satu jam sebelum jam tidur. Hal ini bisa mempengaruhi kualitas tidur nantinya.

4. Rileks dan Bernafas dengan Baik
Kegiatan ini bisa membantu Anda untuk tetap tenang dan bahagia setiap hari. Lakukanlah minimal tiga kali dalam seminggu. Lakukan dengan menutup mata, tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan dengan pelan.

Kegiatan ini bisa mengurangi rasa cemas dan tertekan. Anda juga akan merasa tenang selama melakukannya. Selain itu kegiatan ini dapat membuat tidur lebih nyenyak di malam hari.

5. Selalu Bersyukur dan Perbanyak Senyum
Kunci hidup sehat dan bahagia yang terakhir adalah selalu bersyukur atas apapun yang kita terima setiap harinya. Syukur bisa dibarengi dengan ikhlas dan sabar. Lakukan pekerjaan dengan senang hati dan bahagia. Hal ini bisa mengurangi tekanan selama bekerja.

Perbanyak senyum juga bisa membantu kita bahagia dan sehat sepanjang hari. Senyum tidak hanya membuat bahagia dan selalu terlihat ceria, orang-orang di sekitar kita juga akan ikut merasa bahagia melihat kita tersenyum.

Terakhir lakukan ritual memaafkan menjelang tidur kepada semua orang yang membuat salah kepada kita hari ini. Bisa ini bisa dibiasakan, tidur kita akan nyenyak. Efek baik lainnya kebiasaan memaafkan ini dapat menjauhkan kita dari penyakit hati.

Sumber: secondiary.co.id

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in