Dari India, Ini Manfaat Minuman Susu Kunyit

Nusantaratv.com - 16/07/2022 10:38

Minuman susu kunyit
Minuman susu kunyit

Penulis: Armansyah | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Bicara soal kunyit, tentu orang Indonesia sudah sangat familier, terlebih bagi ibu-ibu yang sering sibuk di dapur. Rempah yang satu ini memang dikenal sebagai salah satu bumbu penyedap masakan. 

Dari beberapa sumber, menyebutkan bahwa kunyit dapat dijadikan minuman segar yang menyehatkan saat dicampur dengan susu. Mungkin minuman susu kunyit bagi orang Indonesia masih terdengar asing.  Minuman asal India ini biasanya dibuat dengan mencampur susu sapi dengan kunyit. Di India minuman  ini dikenal sebagai minuman obat.  

Minum segelas susu kunyit hangat, satu jam sebelum tidur, dapat menopang kualitas tidur, dikarenakan susu mengandung serotonin & melatonin.

Kandungan nutrisi susu kunyit
Susu kunyit dikenal juga dengan nama golden milk, turmeric latte, atau haldi doodh. Minuman ini dibuat dari susu sapi yang dicampur kunyit dan rempah berkhasiat lainnya.

Dalam satu cangkir susu kunyit, mengandung berbagai nutrisi penting untuk tubuh, di antaranya:

  • Kalori: 130 kalori
  • Lemak: 5 gram
  • Protein: 8 gram
  • Natrium: 125 mg
  • Gula: 12 gram laktosa, gula alami yang ada pada susu
  • Karbohidrat: 12 gram

 

Manfaat susu kunyit untuk kesehatan tubuh

Kandungan bahan aktif dalam kunyit yang disebut curcumin sudah sejak lama dikenal manfaatnya dalam sejarah pengobatan India Kuno. Antioksidan ini mampu melawan kerusakan sel dan melindungi tubuh dari stres oksidatif.

Merangkum dari berbagai penelitian, berikut adalah beberapa manfaat susu kunyit yang sebaiknya Anda tahu:

1. Meringankan nyeri sendi dan peradangan

Studi menunjukkan bahwa senyawa curcumin kunyit memiliki sifat antiradang sangat kuat. Curcumin itu sendiri sering diolah ke dalam berbagai obat-obatan untuk masalah peradangan sendi seperti steoarthritis atau rematik (rheumatoid arthritis).

Asupan 500 miligram curcumin setiap hari lebih ampuh untuk mengurangi nyeri sendi dibanding dengan 50 miligram obat radang sendi generik

2. Meningkatkan kesehatan otak

Curcumin juga dapat meningkatkan kadar brain-derived neurotrophic factor (BDNF). BDNF adalah senyawa yang berperan dalam pembentukan sel-sel baru di otak. Tingkat BDNF yang rendah sering kali dikaitkan dengan berbagai gangguan otak, salah satunya penyakit Alzheimer.

Karenanya, minuman susu kunyit berpotensi meningkatkan kesehatan otak sekaligus menurunkan risiko penyakit Alzheimer. Terlebih jika dalam minuman tersebut dicampur dengan jahe atau kayu manis yang juga memiliki senyawa curcumin.

3. Memperbaiki mood
Sebuah penelitian meminta 60 orang pengidap depresi yang terbagi dalam 3 kelompok untuk minum curcumin, obat antidepresan, dan kombinasi keduanya selama 6 minggu.

Hasilnya menunjukkan bahwa orang yang minum kombinasi susu kunyit dan obat antidepresan mengalami peningkatan suasana hati yang lebih baik. Perubahan suasana hati yang lebih baik ini tentu membuat gejala depresi akan berkurang.

Depresi merupakan gangguan suasana hati yang juga dikaitkan dengan rendahnya kadar BDNF.

4. Melindungi kesehatan jantung
Penyakit jantung telah banyak menyebabkan kematian di seluruh dunia. Menariknya, kandungan curcumin dari kunyit dapat meningkatkan fungsi lapisan endotel, yaitu lapisan yang membungkus pembuluh darah sekaligus menjaga jantung tetap sehat.

5. Menjaga kadar gula darah tetap stabil
Jika Anda membuat susu kunyit tanpa tambahan pemanis, maka manfaat susu kunyit ini bisa Anda dapatkan. Kunyit, jahe, dan kayu manis dari susu kunyit dapat mengurangi jumlah glukosa yang diserap di dalam usus setelah Anda makan sehingga gula darah akan lebih terkontrol.

6. Berpotensi mengurangi risiko kanker
Kanker terjadi akibat adanya pertumbuhan sel-sel di sekitar jaringan tubuh yang tidak terkendali. Hingga kini, perawatan konvensional untuk menyembuhkan penyakit ini masih terus digali.

Salah satu studi menyebutkan bahwa adanya hubungan penyakit kanker dengan senyawa 6-gingerol pada jahe dan curcumin yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker menyebar ke jaringan tubuh lainnya.

7. Memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur
Di India, susu kunyit sering digunakan sebagai obat pilek. Salah satu kandungan dari kayu manis cinnamaldehuyde bersifat antibakteri. Kemudian, curcumin pada kunyit serta jahe yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Semakin kuat pertahanan tubuh terhadap penyakit, semakin susah celah bagi virus, bakteri, atau jamur untuk menimbulkan infeksi lebih parah, sehingga tubuh jadi lebih cepat pulih.

8. Menyehatkan pencernaan
Gangguan pencernaan seperti maag bisa menimbulkan rasa sakit pada perut bagian atas. Nah, salah satu bahan alami yang biasanya digunakan untuk meringankan kondisi ini adalah jahe dan kunyit.

Jahe mempercepat proses pengosongan lambung yang tertunda. Sementara kunyit meningkatkan produksi empedu untuk mencerna lemak lebih baik.

9. Menguatkan tulang
Selain kunyit, bahan utama dari susu kunyit adalah susu sapi. Anda pasti tahu manfaat susu, bukan? Ya, susu kaya akan kalsium dan vitamin D, dua nutrisi penting yang membangun dan menjaga kepadatan tulang.

Selain itu, vitamin D juga meningkatkan kemampuan usus untuk menyerap kalsium pada makanan. Kecukupan kalsium dan vitamin D dapat menurunkan risiko berbagai penyakit tulang, seperti osteopenia atau osteoporosis.

Resep mudah bikin susu kunyit di rumah

Manfaat susu kunyit yang melimpah tentu tidak ingin Anda lewatkan begitu saja, bukan? Anda bisa mencoba membuat susu kunyit di rumah lewat resep berikut.

 

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 1/2 gelas (120 ml) susu sapi atau susu alternatif sapi lainnya, tanpa pemanis
  • 1 sdt kunyit
  • 1 potong kecil jahe segar parut atau 1/2 sdt bubuk jahe
  • 1/2 sdt bubuk kayu manis
  • sejumput lada hitam
  • 1 sdt madu atau sirup maple (opsional)

Campurkan semua bahan ke dalam panci yang berisi air panas. Kecilkan api, biarkan airnya mendidih selama 10 menit atau sampait tercium bau kunyit yang khas.

Saring minuman tersebut dan masukkan pada gelas. Kemudian, sajikan dengan “sendok” kayu manis. Minuman ini bisa bertahan selama 5 hari jika disimpan dalam kulkas. Namun, Anda perlu memanaskan kembali ketika akan diminum.

Sumber: hellosehat.com

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in