Aneh Tapi Nyata, Ratusan Jenazah di Cilegon Masih Utuh Meski Sudah Puluhan Tahun Dikubur

Nusantaratv.com - 22/09/2022 20:57

Tangkapan layar jasad yang masih utuh di Cilegon. (YouTube SAEPUL R channel)
Tangkapan layar jasad yang masih utuh di Cilegon. (YouTube SAEPUL R channel)

Penulis: Armansyah | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Beberapa waktu lalu ada sebuah video viral yang memperlihatkan ratusan jasad yang telah dikubur lama, saat dilakukan penggalian masih nampak utuh.

Dari narasi video menyebutkan bahwa jenazah tersebut rata-rata telah dikubur puluhan tahun. Pemindahan jasad tersebut dilakukan pada tanggal 25 Agustus hingga 1 September 2022 di kelurahan Gunung Sugih, Kecamatan Ciwandan, Cilegon, Banten.

Makam-makam itu terpaksa digali kembali karena daerah itu akan digunakan untuk perluasan PT Pancapuri anak usaha PT Chandra Asri. Penggalian makam dilakukan oleh warga beserta para keluarganya. 

Uniknya lagi menurut pengakuan warga, ratusan jasad-jasad yang telah terkubur lama tersebut selain masih utuh dan tidak bau, malah tercium aroma wangi.

Baca Juga: Objek Diduga Cagar Budaya Ditemukan pada Proyek MRT Fase 2A Jakarta

Dari keterangan Lurah Gunung Sugih, Rustam Effendi mengatakan bahwa secara historis, wilayah Cilodan dahulunya memang merupakan wilayah yang banyak dihuni oleh para santri.

“Dari info yang saya dapat dan setelah saya telusuri, jadi orang-orang daerah Cilodan dahulunya daerah santri di situ. Jadi kehidupannya orang-orang yang taat ibadah semua,” kata Rustam, Minggu (18/9/2022) seperti dikutip dari urbanasia.com.

Sementara terkait kondisi makam, kata Rustam, bahwa makam tersebut sudah berumur puluhan tahun.

“Setiap penggalian, ada aja yang ditemukan utuh, bahkan hari terakhir itu dari 67 jasad yang utuh ada 43 atau berapa gitu,” kata Rustam Effendi.

Rustam juga menceritakan, ada satu jasad wanita yang diperkirakan berusia remaja, yang mana jasadnya masih utuh setelah terkubur 50 tahun lebih.

“Ada anak perempuan sudah dikuburkan sekitar 50 tahun belum kenapa-kenapa, masih utuh,” terangnya.

Dari penjelasan Rustam, pada hari pertama relokasi, ada 35 jasad yang dialihkan, 12 jasad masih utuh.

Kemudian hari kedua, dari 38 jasad yang dialihkan, 26 jasad utuh, kemudian dari 45 yang dipindahkan 16 di antaranya masih utuh.

Di hari berikutnya, dari 62 makam, ada 27 jasad yang masih utuh, kemudian dari 53 makam, 24 jasad masih utuh, dan hari terakhir ada 67 makam yang digali, namun ada 43 jasad yang masih utuh.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in

Berita Terkait
Bunga es-1664701185
bunga es-1664699813
Batik-1664634631