Kadin dan HIPMI Ditantang Jokowi Manfaatkan Perang Dagang AS-Cina

Kadin dan HIPMI Ditantang Jokowi Manfaatkan Perang Dagang AS-Cina
Presiden Jokowi saat menggelar pertemuan dengan Kadin dan HIPMI di Istana Negara/ Biro Pers Sekretariat Presiden-Kris

Jakarta, Nusantaratv.com - Dalam pertemuan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/6/2019), Presiden Joko Widodo (Jokowi) menantang Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) untuk memanfaatkan perang dagang Amerika Serikat (AS) dengan Cina.

Jokowi menilai sudah seharusnya dua organisasi yang seluruh anggotanya berisikan para pengusaha tersebut berada di garis terdepan dalam memanfaatkan peluang dari perang dagang AS-Cina.

"Karena perang dagangnya semakin sengit, jangan kita memandang itu sebagai sebuah masalah besar. Tetapi menurut saya ada sebuah peluang, ada sebuah opportunity yang bisa kita ambil dari ramainya perang dagang ini," ujar Jokowi.

Presiden menyebutkan pasar di Amerika Serikat (AS) yang sebelumnya dikuasai oleh Cina, kini bisa diambil alih oleh pengusaha Indonesia. Tak hanya itu, peluang itu juga bisa diikuti dengan peningkatan kapasitas produk-produk Indonesia di AS.

"Seperti yang saya lihat, misalnya kaya produk tekstil, garmen, itu yang dulunya diisi dari produk dari sana, sekarang karena mereka ramai ya bisa kita isi," ujar Jokowi.

Jokowi menambahkan bahwa telah lebih dari 50 persen produk elektronik dan furnitur di AS diisi oleh produk Cina. Karena itu, ini saat yang tepat buat produk-produk Indonesia untuk memasuki pasar AS.