Keluarga Tak Masalah Peziarah Selfie di Makam Habibie

Menurut Thareq Kemal Habibie saat ini zaman sudah modern
Keluarga Tak Masalah Peziarah Selfie di Makam Habibie
Makam Habibie di TMPN Kalibata, Jakarta Selatan. (Liputan6.com)

Jakarta, Nusantaratv.com - Pihak keluarga Presiden ke-3 RI BJ Habibie, mengaku tak keberatan dengan banyak warga yang berziarah ke makam almarhum. Termasuk para peziarah yang mengabadikan momen dengan selfie di makam. 

"Kalau masalah itu, sebetulnya hak orang ya. Boleh mau selfie, ini mungkin banyak yang pengin foto sama Pak Habibie, dia pikir ya saya nggak dapat aslinya, seenggak-enggaknya kuburannya. Kebetulan kiri kanan ada bapak dan ibu. Saya juga nggak masalah," ujar putra Habibie, Thareq Kemal Habibie, Sabtu (14/9/2019).

Menurut Thareq, pihaknya tak melarang berbagai aktivitas peziarah di makam, baik memanjatkan doa atau sekadar ber-selfie ria. Pihaknya hanya bisa maklum. 

"Mau doain silakan, mau selfie juga nggak masalah. Ini zaman modern kok," tuturnya. 

Sebelumnya, Kementerian Sosial selaku pengelola Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Kalibata, mengimbau para peziarah tak sekadar selfie atau berswafoto di makam Habibie. Imbauan disampaikan menyikapi informasi yang beredar di media sosial, yang menunjukkan bahwa tak sedikit peziarah yang datang hanya untuk ber-selfie ria, bukan malah memanjatkan doa untuk mendiang. 

Adapun guna mewujudkan hal itu, Kementerian menyiagakan petugas keamanan untuk mengingatkan para peziarah.