Catat, Google Wajibkan Perangkat Jalankan Android 10 per Akhir Januari 2020

Google memberikan syarat baru bagi para manufaktur yang ingin merilis perangkat Android anyar tersebut.
Catat, Google Wajibkan Perangkat Jalankan Android 10 per Akhir Januari 2020
Google Mobile Services. (GSM Arena)

Jakarta, Nusantaratv.com - Google telah meluncurkan Android 10 pada awal September lalu. Kini, perusahaan asal Amerika Serikat (AS) itu meminta perangkat yang dirilis setelah 31 Januari 2020 harus menjalankan Android 10.

Menurut XDA Developers, Google memberikan syarat baru bagi para manufaktur yang ingin merilis perangkat Android anyar tersebut.

Dimana syarat ini harus dipenuhi agar perangkat tersebut dapat diisi dengan Google Mobile Services (GMS). Adapun GMS berisi deretan aplikasi bawaan Google, termasuk Play Store dan Play Services.

Baca Juga: Android 10 Go, Google Sebut Lebih Kencang dan Lebih Aman

Dilansir dari GSM Arena, Rabu (9/10/2019), langkah ini diambil agar para pengguna dapat merasakan pengalaman Android 10. Selain itu, dengan versi terbaru, perangkat tersebut akan terus mendapatkan pembaruan keamanan paling mutakhir.

Selain itu, Google juga meminta manufaktur untuk membenamkan fitur Digital Wellbeing, yakni fitur berupa dasbor yang dipakai untuk memantau penggunaan aplikasi, termasuk durasinya.

Disisi lain, perangkat Android terbaru itu juga diwajibkan kompatibel dengan pengisi daya USB-C PD, yang merupakan standar terbuka umum untuk UBS-C yang memungkinkan fitur pengisian daya cepat.

Hal ini sangat menyusahkan pengguna, sebab fitur pengisian daya cepat pada perangkat mereka hanya kompatibel dengan pengisi daya bawaan.