Berikut ini 4 cara agar Sektor Publik Akuntabel

Wamenkeu Mardiasmo membagikan empat cara guna menghadapi tantangan akuntabilitas dalam sektor publik.
Berikut ini 4 cara agar Sektor Publik Akuntabel
Wamenkeu Mardiasmo di Kantor Kemenkeu, Jakarta/ Kemenkeu

Jakarta, Nusantaratv.com - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo berbagi empat cara agar sektor publik bisa menghadapi tantangan akuntabilitas sektor publik sekaligus mengambil keputusan yang tepat dengan statistik keuangan yang benar.

Pertama, mempertahankan dan meningkatkan kualitas laporan keuangan pemerintah. Kedua, memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) Pengelola Keuangan Negara terkait akuntansi dan pelaporan pemerintah. 

Sedangkan yang Ketiga, mengoptimalkan pemanfaatan data dan informasi keuangan dalam pengambilan keputusan/kebijakan fiskal, khususnya informasi keuangan akrual. Dan Keempat, mengintegrasikan informasi fiskal nasional yang meliputi konsolidasi informasi keuangan Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah.

Baca juga: Pemerintah Anggarkan Rp 1,7 Triliun untuk Destinasi Prioritas

Wamenkeu mengatakan kinerja sektor publik akan berjalan optimal jika SDM yang menjalankannya memiliki kapasitas yang memadai dan mumpuni.

"Kinerja sektor publik yang benar akan menjawab tantangan akuntabilitas sektor publik sekaligus menjawab ketimpangan kompetensi aparatur publik," kata Wamenkeu di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Selain itu, Wamenkeu menambahkan bahwa sektor publik harus bisa adaptif sekaligus melakukan inovasi dalam menghadapi tantangan implementasi statistik keuangan pemerintah. Misalnya masih terjadinya jeda waktu yang cukup lama untuk memperoleh data keuangan Pemerintah Daerah secara lengkap dan andal.

"Suatu entitas sektor publik bukan hanya dinilai dari fisiknya saja tapi juga dari inovasinya dalam mengambil kebijakan," Wamenkeu.