Ini Ciri-ciri Burung Lovebird Siap Ikuti Lomba

Burung lovebird bukan burung asli Indonesia, dari literatur yang ada, burung lovebird berasal dari Madagascar.

Burung Lovebird

Nusantaratv.com - Burung lovebird bukan burung asli Indonesia, dari literatur yang ada, burung lovebird berasal dari Madagascar. Burung ini mempunyai sifat monogami atau hanya memiliki satu pasangan, karena itulah burung ini dinamai lovebird.

Selain bersifat monogami, burung lovebird suka hidup berkelompok. Di Indonesia burung ini menjadi burung peliharaan karena suaranya yang menarik. Menurut para kicau mania, kicau burung loverbird beda dari burung lainnya.

Durasi suaranya yang panjang membuat burung ini sering dilombakan. Untuk mengetahui seekor burung loverbird siap mengikuti lomba, ada tanda-tanda yang dapat dilihat pada perilaku burung ini, seperti:

Baca Juga: Burung Kicau ini Bakal Populer di 2021

1. Burung lovebird mempunyai gerak reflex yang gesit
Jika burung lovebird terlihat gesit dan lincah, hal itu menunjukkan kalau dirinya sedang fit dan bugar, sehingga siap untuk mengikuti lomba.

Burung Lovebird

2. Mempunyai umur yang cukup
Burung lovebird yang siap mengikuti lomba biasanya telah berusia 6 bulan, namun ada juga di usia 3-4 bulan oleh para kicau mania burung ini sudah diikutsertakan lomba.

3. Mempunyai kesehatan mata yang baik
Untuk mengetahui burung lovebird sehat atau tidak, dapat dilihat dari matanya. Kalau burung ini sedang sehat, matanya akan terlihat cerah, namun kalau sedang sakit-sakitan, burung ini sering memejamkan matanya.

Baca Juga: Ratusan Burung Jalak Mati Terkena Ledakan Kembang Api

4. Burung rajin bersuara
Kalau burung ini rajin berkicau atau latah bersuara saat bertemu dengan burung lovebird yang lain, itu pertanda burung ini siap mengikuti lomba.

5. Birahi burung bisa terjaga.
Untuk mengikutsertakan dalam lomba, pemilik burung harus tahu masa-masa birahi burung lovebird. Saat birahi burung lovebird tinggi, tidak tepat kalau burung ini diikutkan dalam lomba, karena burung menjadi tidak fokus berkicau, ia akan mengejar-ngejar burung betina untuk menyalurkan hasratnya.

Demikian beberapa ciri burung lovebird yang sudah siap untuk diterjunkan dalam suatu perlombaan kicau burung. Semoga bermanfaat.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK
Tulisan Lainnya