Ibu Hamil Boleh Divaksin Covid-19? Ini Kata Ahli

Kemunculan vaksin Covid-19 memang masih mendapatkan pro dan kontra pada masyarakat. Ada pihak yang setuju, ada pula yang tidak. 

Ilustrasi vaksin covid-19/ist

Jakarta, Nusantaratv.com-Ketua Tim Advokasi Vaksinasi PB IDI Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, Sp.PD-KAI mengatakan meski pengembangan vaksin covid-19 sudah sedemikian pesat namun peruntukannya masih belum menyeluruh. 

Ibu hamil adalah salah satu yang belum diperbolehkan mendapatkan suntikan vaksin covid-19.   

"Saat ini ibu hamil belum boleh, baru ibu menyusui yang diperbolehkan untuk vaksin," ujar Iris Rengganis, Minggu (21/2/2021).

Namun demikian, kata Iris, aturan tersebut belum tentu sama. 
Iris mengungkapkan jika prosedur vaksin semakin dinamis. Dahulu ada beberapa golongan yang tidak diperbolehkan tapi kini sudah mendapat izin karena sudah teruji keamanannya. 

Menurut dr Iris hal ini wajar sebab Covid-19 adalah jenis virus yang baru. Sehingga kemungkinan akan ada hal baru yang dapat ditemukan terkait virus ini.

Kemunculan vaksin Covid-19 memang masih mendapatkan pro dan kontra pada masyarakat. Ada pihak yang setuju, ada pula yang tidak. 

Baca juga: Usai Disuntik Vaksin Covid-19 Sinovac, Wapres KH Ma'ruf Amin Ajak Lansia Untuk Vaksinasi

Selain itu diperparah pula oleh informasi palsu yang bertebaran dimana-mana. Masyarakat yang belum mendapatkan literasi sebagian menerima informasi bulat-bulat.

Juru bicara (jubir) Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemkes), Siti Nadia Tarmizi menambahkan vaksin tidak bisa diberikan secara bebas dan memang harus dipertimbangkan apakah orang tersebut memenuhi kriteria atau tidak.

Misalnya dari segi usia, vaksin baru bisa diberikan rentang umur 18-59 tahun. Nadia juga mengungkapkan bahwa program vaksin lansia juga akan dilaksanakan.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK