Hyundai Uji Coba Kendaraan Otonom JV 'Motional' di Las Vegas

Hyundai Motor dan Aptiv Membentuk Usaha Patungan Senilai 4 Miliar Dolar AS.

Hyundai uji coba kendaraan otonom. (Istimewa)

Nusantaratv.com - Motional, perusahaan patungan Hyundai Motor dengan Aptiv, yakni startup teknologi swakemudi yang berbasis di Irlandia, mengatakan mereka telah menguji coba kendaraan otonom di jalan Las Vegas, Amerika Serikat (AS).

Mengutip Kantor Berita Yonhap, Selasa (23/2/2021), mereka menjadi salah satu perusahaan pertama di dunia yang mencapai otonomi Level 4. Perusahaan yang berbasis di Boston, AS itu, mengatakan telah menguji beberapa kendaraan otonom dengan dan tanpa operator keselamatan di Las Vegas awal bulan ini.

Pengujian dilakukan kurang dari tiga bulan setelah negara bagian Nevada menyetujui pengujian perusahaan terhadap kendaraannya tanpa pengemudi keselamatan manusia.

Pengujian itu 'terdiri dari beberapa kendaraan tanpa pengemudi yang dengan aman menavigasi persimpangan, belokan yang tidak terlindungi, dan interaksi dengan pengguna jalan lain, termasuk pejalan kaki dan pengendara sepeda', kata Motional dalam sebuah pernyataan.

Perusahaan mengatakan telah mengumpulkan 1,5 juta mil pengujian dan proses evaluasi keselamatan dua tahun yang membutuhkan ratusan karyawan lebih dari 100 ribu jam untuk menyelesaikannya dan menerima tinjauan eksternal sebelum pengujian.

Motional adalah salah satu dari sedikit perusahaan yang telah mengerahkan kendaraan tanpa pengemudi, yang dikenal sebagai kendaraan otonom Level 4, di jalan umum.

Di Level 4, kendaraan dapat mengemudi sendiri dalam kondisi terbatas dan tidak akan beroperasi jika semua kondisi yang diperlukan tidak dipenuhi. Di Level 5, fitur mengemudi otomatis kendaraan dapat mengemudi dalam kondisi apa pun.

Motional mengatakan akan dapat meluncurkan layanan robotaxi komersial di rute tertentu pada 2023 dalam kemitraan dengan platform berbagi perjalanan Lyft.

Pada Maret 2020, produsen mobil asal Korea Selatan (Korsel) Hyundai Motor dan perusahaan teknologi global Aptiv membentuk usaha patungan senilai 4 miliar dolar AS dengan nama 'Motional' untuk mengembangkan teknologi penggerak otonom.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK