Wiranto Persilakan Kivlan Zen Gugat Biaya Pam Swakarsa

Wiranto Persilakan Kivlan Zen Gugat Biaya Pam Swakarsa
Menko Polhukam Wiranto

Jakarta, Nusantaratv.com -Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mempersilakan mantan Kepala Staf Kostrad Mayjen TNI (Purn) Kivlan Zen menggugat dirinya terkait pembentukan Pengamanan Masyarakat Swakarsa (Pam Swakarsa) pada tahun 1998.

"Gugat kan dari banyak orang, silakan. Yang penting kami kan profesional. Kerja benar. Kerja untuk negara. Untuk kebaikan. Untuk keamanan. Gugat siapa pun silakan," kata Wiranto di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (12/8/2019).

Mengenai tuntutan ganti rugi biaya pembentukan Pam Swakarsa yang belum dibayar, Wiranto justru mempertanyakan balik tuntutan tersebut. Pasalnya proses peradilan masih berjalan.

"Ganti rugi apa? Gugatan itu nanti kan berjalan. Tunggu saja," jelas Wiranto.

Kivlan mengajukan gugatan perbuatan melawan hukum Wiranto terkait pembentukan Pam Swakarsa pada 1998, yang disebut diperintahkan oleh Wiranto. Kala itu Wiranto menjabat sebagai Panglima ABRI (sekarang TNI) dengan pangkat jenderal.

Wiranto memerintahkan Kivlan untuk membentuk Pam Swakarsa dengan total pembiayan Rp 8 miliar. Tapi ketika itu Wiranto hanya memberikan Rp 400 juta kepada Kivlan, sehingga ia menggunakan dana pribadi untuk menutupi kekurangan anggaran pembentukan Pam Swakarsa.

Padahal, saat itu Presiden BJ Habibie, menurut gugatan telah menyetujui kucuran dana untuk membentuk Pam Swakarsa sebesar Rp 10 miliar. Uang tersebut disebut berasal dari dana non-budgeter Bulog. (Rizk)