UAS: Saya Jelaskan Akidah, Apa Mesti Minta Maaf?

UAS sebut pernyataan soal salib merupakan ajaran agama dan untuk konsumsi umat Islam
UAS: Saya Jelaskan Akidah, Apa Mesti Minta Maaf?
Ustad Abdul Somad (UAS)

Jakarta, Nusantaratv.com -Penceramah Ustad Abdul Somad (UAS) menegaskan takkan meminta maaf atas pernyataannya yang menyinggung simbol umat Nasrani, salib. Dalihnya, apa yang ia sampaikan diajarkan dalam agama, dan untuk konsumsi umat Islam. 

"Saya menjelaskan akidah agama saya di tengah komunitas umat Islam. Di dalam rumah ibadah saya. Bahwa ada yang tersinggung dengan penjelasan saya, apakah saya mesti meminta maaf?" ujar Somad dalam jumpa pers di kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI), Jakarta, Rabu (21/8/2019). 


Menurut Somad, apa yang ia sampaikan merupakan perkataan Rasulullah SAW, bahwa salah satu tempat yang dihinggapi jin adalah patung. Ia menerangkan dalil itu karena ditanya jemaat kajian subuh Masjid An-Nur, Pekanbaru, Riau, tiga tahun lalu. 

Somad mengakui apa yang ia ucapkan menyinggung pihak agama lain.

"Contoh, dalam Islam dikatakan sesungguhnya kafirlah orang yang mengatakan Allah itu tiga dalam satu, satu dalam tiga. Otomatis orang luar tersinggung atau tidak? Apa perlu saya minta maaf? Ini ajaran saya," kata dia.

Somad pun mengaku tak bisa melarang jemaatnya mengunggah video ceramahnya dan menyebarkannya ke media sosial. 

"Tak mungkin kemudian saya buat perjanjian semua yang masuk sini (tanda tangan) materai Rp 6 ribu, jangan disebarkan. Payah sekali ceramah ni sekarang," jelasnya.