MK Gelar Sidang Perdana Gugatan Sengketa Pilpres 14 Juni Mendatang

MK Gelar Sidang Perdana Gugatan Sengketa Pilpres 14 Juni Mendatang
Juru Bicara Mahkamah Konstitusi, Fajar Laksono

Jakarta, Nusantaratv.com -Mahkamah Konstitusi (MK) akan menggelar sidang perdana gugatan sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pemilu 2019 (Pilpres), pada Jumat 14 Juni 2019 mendatang.

" Sidang perdana akan dimulai pada pukul 09.00 WIB. MK saat ini telah menerima dan meregistrasi gugatan pemohon (BPN 02), selanjutnya laporan gugatan sepenuhnya diserahkan ke Majelis Hakim Konstitusi,"ujar Juru Bicara MK Fajar Laksono di Gedung MK, Selasa (11/06/2019).

Katanya, Kepaniteraan MK akan mengirimkan surat elektronik jadwal persidangan ke masing-masing pemohon dan termohon. 

Yang mana pada sidang perdana penguggat bisa menyampaikan secara langsung ke hakim gugatannya saat sidang pendahuluan. 

Serta, pada sidang perdana Hakim MK juga  akan memutuskan lanjut atau tidaknya sengketa ke tahapan persidangan dengan mempertimbangkan permohonan beserta barang bukti yang diajukan (Putusan Sela).

Pada sidang perdana juga, lanjut Fajar, MK turut mengundang pihak terkait seperti KPU, BAWASLU, maupun TKN 01 untuk mendengarkan pokok permohonan pemohon. 

Setelah sidang perdana, akan ada sidang lanjutan yang akan berlangsung pada 17-24 Juni. Sementara pada 25-27 Juni, MK akan menggelar rapat permusyawaratan hakim. Dan pada 28 Juni, MK menggelar sidang putusan hasil sengketa Pilpres 2019.

 

Reporter : Syidik

Editor : Cal