7 Harta Karun Yang Masih Menjadi Misteri

7 Harta Karun Yang Masih Menjadi Misteri
Harta karun./cahayaislam.id

Nusantaratv.com - Apa yang pertama kali kalian lakukan jika mendengar kata harta karun? Pasti di benak kita terbayang barang seperti emas, berlian, ataupun benda-benda yang tidak ternilai harganya.

Kebanyakan harta karun, kalau tidak terkubur dalam bawah tanah maupun terendam dibawah lautan yang paling dalam, bahkan sekian banyak orang percaya jika di muka bumi ini, banyak tersebar puluhan hingga mungkin ratusan harta tersembunyi dengan nilai yang sangat luar biasa besarnya.

Beberapa harta yang tersimpan telah ditemukan namun yang lain masih aman tersimpan dengan sangat baik dan sepertinya nyaris tidak terusik sama sekali.

Ada tujuh harta karun yang dipercaya sangat sulit untuk ditemukan, bahkan sebagian orang ada yang menganggapnya sebagai harta terkutuk sehingga sangat sulit ditemukan dan selalu menjadi sebuah legenda.

Berikut daftar 7 harta karun yang masih menjadi misteri hingga saat ini :

1. Harta Karun Ahmad Shah

Apakah kalian tahu, jika harta dari Ahmad Shah, memiliki nilai yang fantastis jika diuangkan. Diperkirakan jika harta-harta tersebut bernilai mencapai 250 miliar Dolar. Tetapi anehnya saat ini harta karun tersebut, bagaikan hilang di telan bumi. Banyak orang berkesimpulan jika harta ini masih tersembunyi di suatu tempat dan memiliki sebuah kutukan yang sangat mengerikan.

Pemilik harta sebelumnya, ialah Ahmad Shah yang diduga meninggal akibat kutukan Koh-i-noor yang dikeluarkan dari salah satu permata yang terdapat pada harta-harta itu.

Sebagai informasi saja, jika harta tersebut bukan milik Ahmad Shah melainkan sebuah harta curian. Pada abad ke-18 masehi, seorang pria Persia bernama Nadir Shah merampok harta dari kerajaan Mughal yang berada di India.

Namun dia mati dengan cara mengenaskan, karena dibunuh saat ia tidur di dalam tendanya. Hal itu dilakukan oleh salah satu pengawalnya yang sangat muda.

Lalu harta itu jatuh ke tangan Ahmad Shah hingga pada akhirnya hilang dan menjadi misteri. Pada tahun 2012, ada sebuah film dokumenter yang menceritakan harta karun kutukan ini secara menyeluruh.


2. City of Patiti

Berikutnya adalah City of Patiti yaitu kota yang hilang dari kebudayaan Inca kuno. Berdasarkan cerita kuno, kota ini sangat indah dan semuanya berlapis dengan emas. Selain itu, banyak juga perhiasan yang tersimpan di dalamnya dengan jumlah yang sangat fantastis.

City of Patiti merupakan kota yang sengaja dibangun untuk menyimpan harta dari para penjajah. Bangsa Inca tidak ingin jika bangsa Eropa yang mulai masuk ke wilayahnya mengambil semua benda berharga milik mereka.

Akhirnya para bangsa Inca mencari tempat yang sangat tersembunyi dan aman untuk membangun City of Patiti. Hingga saat ini belum ada satu orang pun yang mampu untuk menemukannya. Namun diperkirakan jika kota ini tersembunyi di sudut tidak tampak pada hutan Peru.


3. Harta Karun Flor de la Mar

Kapal Flor de la Mar adalah nama kapal laut milik Negara Portugis yang membawa banyak sekali harta berharga. Diperkirakan ada sebanyak 60 ton emas batangan dan juga banyak perhiasan di dalamnya.

Kapal ini juga menyimpan sekitar 200 permata indah yang merupakan pemberian dari para Sultan yang ada di Semenanjung Malaka.

Tetapi hal buruk pun terjadi, karena sebab yang tidak diketahui dengan pasti, kapal ini hilang dan tidak ditemukan hingga saat ini. Kapal Flor de la Mar hilang pada saat perjalanan dari India menuju ke negara asalnya.

Dugaan sementara dari para ahli adalah jika kapal ini karam akibat bencana di laut seperti badai. Dikabarkan jika semua awak kapal meninggal dunia dan semua harta terkubur di dalam gelapnya lautan, hingga saat ini.


4. Kalung Patiala

Kalung Patiala ini harganya mencapai miliaran Dolar pada saat itu. Tetapi saat ini, setelah kalung ini menjadi harta karun yang hilang, diperkirakan nilainya dapat menjadi berlipat ganda.

Kalung Patiala terbuat dari rangkaian berlian yang jumlahnya mencapai 2.930 buah. Selain itu terdapat juga batu rubi dari Myanmar yang harganya sangat luar biasa.

Tidak heran jika kalung ini menjadi barang incaran bagi para pencuri dan kalung ini benar-benar hilang pada tahun 1948.

Orang terakhir yang mengenakan kalung Patiala adalah anak dari Maharaja Yadavindra Singh. Setelah kalung dimasukkan ke dalam tempat penyimpanan, kalung ini hilang entah kemana.

Bahkan setelah dicari selama puluhan tahun tak kunjung ketemu juga. Diperkirakan jika kalung ini disimpan oleh seseorang yang sangat mengerti akan barang seni dan juga perhiasan.


5. Harta Karun Perkamen Laut Mati

Ditemukan sebuah perkamen atau gulungan yang terbuat dari tembaga pada tahun 1950 an. Perkamen ini ternyata berisi tentang daftar-daftar harta karun yang telah disimpan pada tempat yang sangat misterius.

Bisa dibilang jika gulungan ini adalah petunjuk yang dapat mengantarkan Anda pada harta yang jumlahnya sangat banyak. Diperkirakan jika ada sekitar 64 tempat yang menyimpan emas dan juga berlian.

Para arkeolog yang meneliti gulungan ini berhasil untuk menerjemahkan beberapa kalimatnya. Tapi, mereka tidak dapat menafsirkan di mana saja letak dari harta karun yang sangat banyak ini.

Maka dari itu, harta ini benar-benar tidak dapat ditemukan dengan mudah. Puluhan hingga ratusan pemburu harta karun sampai-sampai menyerah karena informasi letak harta kurang diperoleh dari gulungan yang umurnya, sudah mencapai ribuan tahun ini.


6. Amber Room

Hampir seluruh bagian ruangan bersepuh emas, mulai dari tembok hingga perabotnya, dengan dekorasi ruangan yang sangat indah. Tidak mengherankan jika ruangan penuh emas ini dianggap sebagai harta karun yang sangat berharga.

Namun sayang harta ini justru menghilang ketika terjadi perang dunia kedua. Diperkirakan ruangan ini dirusak dan seluruh isinya dijarah oleh tentara Nazi.

Banyak orang ingin menemukan harta ini, paling tidak beberapa ornamen di dalamnya. Tapi selama puluhan tahun tidak ada satu orangpun yang mampu untuk menemukannya.


7. Peta Pengeboman Jepang

Barangkali benda satu ini nampak tidak berharga, beda dengan emas dan berlian yang telah disebutkan di awal. Namun nilai sejarah yang terdapat pada peta ini tidak ternilai.

Bahkan peta ini tidak akan bisa terganti oleh peta apa pun yang ada di dunia. Namun sayang, peta yang merupakan saksi dari begitu kelamnya perang dunia kedua ini justru hilang dan tidak dapat ditemukan lagi hingga saat ini.

Peta ini berisi tentang strategi tempur menakjubkan yang dapat membuat Jepang tidak dapat mempertahankan wilayahnya dan mengaku kalah.

Diduga peta ini dicuri oleh seseorang yang merupakan pegawai di tempat penyimpanan. Bahkan dia sempat akan menjualnya di situs Ebay.(anehunik69.blogspot.com)