Pantas Per Kilo Rp 400 Ribu, Ini Manfaat Buah Kersen

Sebagian orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan buah kersen, sebagian daerah menamai buah ini dengan sebutan talok.
Pantas Per Kilo Rp 400 Ribu, Ini Manfaat Buah Kersen
Buah kecil mungil ini per kilo harganya Rp. 400 Ribu lho./bukalapak.com

Nusantaratv.com - Sebagian orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan buah kersen, sebagian daerah menamai buah ini dengan sebutan talok. Masyarakat lain menyebut buah kersen dengan nama buah keres, seri, ceri-cerian dan masih banyak lagi sebutan untuk buah ini.

Pohon buah kersen sendiri banyak ditemukan dimana-mana dan dianggap sebagai tanaman liar.

Melansir dari healht.com, buah kersen yang kini bernilai hampir setengah juta perkilogram-nya itu ternyata memiliki manfaat yang tidak banyak orang tahu.

Manfaat buah kersen bahkan tak diduga, mulai dari menyembuhkan diabetes militus hingga mengobati penyakit jantung.

Tak hanya dua manfaat tersebut, beberapa manfaat tak terduga juga terkandung dalam buah kersen. Selain buah, daun kersen juga kaya akan berbagai zat yang baik bagi kesehatan manusia.
 

Daun dan buah kersen.(intisari.grid.id)

Buah kersen atau yang memiliki nama ilmiah Muntingia calabura L merupakan buah yang mudah dijumpai di Indonesia. Meski terkesan diabaikan, namun tanaman ini memiliki banyak manfaat.

Terlebih buahnya. Julia F Morton dalam bukunya “Fruits of Warm Climates”tahun 1987, menguraikan, setidaknya, ada 12 jenis senyawa yang terkandung dalam buah kersen.

Air sebanyak 77,8 g, serat: 4,6 g, vitamin C (antioksidan): 80.5 mg, lemak: 1,56 g. Tak hanya itu, kandungan lain seperti zat besi: 1,18 mg, karotin: 0,019 mg, protein: 0,324 g, fosfor: 84 mg, niacin: 0,554 mg, kalsium: 124,6 mg, vitamin B1(Tiamin): 0,065 mg, dan riboflavin: 0,037 mg juga terkandung dalam buah kersen.

Pasalnya, di beberapa negara para pakar kesehatan menyulap buah kersen ini sebagai obat dari berbagai macam penyakit. Selain itu, bagi yang tidak menyukai buah kersen, buah mungil ini juga ada yang diolah dalam bentuk vitamin.

Berkat semua kandungan nutrisi tersebut, membuat buah kersen mempunyai banyak manfaat yang tak kalah dengan jenis buah-buahan lainnya.

Oleh karena itu, sebaiknya jangan menyepelekan buah kersen sebelum mengetahui sejumlah manfaat yang dimilikinya. Berdasarkan informasi yang dikutip dari situs manfaatbuahkesehatan.blogspot.co.id, inilah beberapa manfaat buah kersen untuk kesehatan tubuh.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Di dalam buah kersen terdapat sumber nutrisi yang berperan untuk melindungi miokardium yang berakibat pada penurunan signifikan dalam pembatasan kebocoran enzim. Dengan kata lain, kandungan di dalam buah kersen mempunyai kemampuan untuk mencegah terjadinya kebocoran enzim sehingga berguna untuk melindungi organ jantung.

 

2. Mengobati Penyakit Asam Urat

Buah kersen mempunyai kandungan senyawa dan zat-zat aktif yang dapat digunakan mengobati penyakit asam urat jika dikonsumsi secara teratur.


3. Meringankan Kram Perut

Sifat anti-septik dan anti-inflamasi yang dimiliki oleh buah ini dapat digunakan untuk meringankan dan mengobati kram perut.


4. Mencegah Penyakit Kanker

Berkat sifat anti-kanker yang dimiliki oleh buah kersen sudah dapat dipastikan bahwa buah ini juga mempunyai kemampuan untuk mencegah dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.


5. Mengatasi dan Mencegah Penyakit Anemia

Di dalam buah kersen terdapat kandungan zat besi yang cukup tinggi. Kandungan zat besi tersebut dapat digunakan untuk mengatasi dan mencegah penyakit anemia atau kurang darah. Kandungan zat besi tersebut mempunyai kemampuan untuk membantu proses produksi sel-sel darah merah di dalam tubuh.


6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan antioksidan yang terdiri dari vitamin C dan flavonoid di dalamnya mempunyai kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh dapat terhindar gangguan penyakit akibat infeksi kuman, virus maupun bakteri.


7. Menyehatkan Organ Pencernaan

Buah kersen mempunyai kandungan serat pangan yang melimpah. Kandungan serat pangan tersebut berguna untuk menyehatkan organ-organ pencernaan seperti lambung dan usus, sehingga tubuh dapat terhindari dari masalah gangguan pencernaan.


8. Meredakan Nyeri Rematik|

Berkat adanya sifat anti-inflamasi atau anti-peradangan yang dimiliki oleh buah kersen dapat digunakan untuk meredakan nyeri rematik dan rasa nyeri pada bagian tubuh lainnya, seperti nyeri otot, nyeri pada bagian persendian hingga nyeri haid.


9. Mencegah Dehidrasi
Buah kersen mempunyai kadar air yang cukup tinggi, sehingga ketika dikonsumsi dapat mencegah terjadinya dehidrasi. Dehidrasi merupakan sebutan yang digunakan untuk tubuh yang kekurangan asupan cairan.

Ada banyak mitos yang menyelimuti buah kersen ini, salah satunya adalah mitos yang mengatakan bahwa jika terlalu sering mengkonsumsi buah kersen akan menyebabkan terjadinya penyakit usus buntu karena di dalam buah kersen terdapat kandungan biji yang cukup banyak.

Mitos tersebut tidaklah benar, meskipun mengkonsumsi buah kersen secara berlebihan tidak baik bagi kesehatan tubuh namun tidak akan menyebabkan terjadinya penyakit usus buntu atau infeksi pada umbai cacing.

Itulah sejumlah manfaat yang dimiliki oleh buah kersen, setelah mengetahuinya jangan menyepelekan buah yang dianggap liar ini. Pohon buah ini biasanya banyak ditemukan di pinggir-pinggir jalan, namun sebaiknya singkirkan pohon kersen yang tumbuh di dekat bangunan. Sebab, pohon kersen mempunyai akar yang sangat kuat dan dapat merusak pondasi bangunan.(emmaqueen.co.id)