Manfaat Kismis bagi Kesehatan

Kismis merupakan makanan yang terbuat dari anggur mentah yang kering. Kismis juga bisa menjadi pemanis alami yang kerap digunakan sebagian orang.
Manfaat Kismis bagi Kesehatan
Manfaat Kismis Untuk Kesehatan./id.wikipedia.org

Jakarta, Nusantaratv.com - Kismis merupakan makanan yang terbuat dari anggur mentah yang kering. Kismis juga bisa menjadi pemanis alami yang kerap digunakan sebagian orang.

Banyak orang menyukai kismis karena tak ada kandungan gula tambahan di dalamnya.

Tahukah Sahabat Dream jika terdapat tiga jenis kismis yang bisa kita jumpai dan cicipi. Ketiganya adalah kismis original (sun-dried), kismis yang dikeringkan secara artifisial (water-dipped), dan kismis yang dibuat dengan sufur dioksida.

 Manfaat Kismis bagi kesehatan

Cara membuat kismis umumnya dilakukan dengan meletakkan anggur mentah di atas nampan atau wadah kertas dan dikeringkan di bawah sinar matahari. Selama proses penjemuran, oksidasi dan karamelisasi akan secara alami terbentuk sehingga akan menyebabkan perubahan warna menjadi hitam pada kismis.

Kismis memiliki nutrisi yang sangat banyak dan bermanfaat bagi tubuh. Untuk itulah, kismis juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut Dream.co.id akan memberikan informasi mengenai manfaat kismis bagi kesehatan.


Manfaat Kismis bagi Kesehatan: Jantung dan Diabetes

1.    Kesehatan Jantung

Manfaat kismis bagi kesehatan yang pertama adalah membantu kesehatan jantung. Antioksidan dan fitonutrien yang terkandung di dalam kismis dapat mencegah penyakit kronis muncul di dalam tubuh kalian.

Penyakit kronis tersebut salah satunya adalah penyakit jantung dan stroke. Menurut American College of Cardiology yang dilansir oleh boldsky.com, mengkonsumsi kismis secara rutin bisa membantu menurunkan tekanan dalam darah.

2.    Mengurangi resiko terkena diabetes

Kismis sering dianjurkan pada penderita diabetes tipe 2 sebagai pilihan camilan yang sehat. Kandungan atioksidan yang terkandung di dalam kismis mampu membantu mencegah radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel.

Sebuah studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi kismis secara rutin dapat mengurangi kadar glukosa sebesar 23 persen. Selain itu, mengkonsumsi kismis juga mampu mengurangi tekanan darah sistolik.


Manfaat Kismis bagi Kesehatan: Kanker dan Anemia

3.    Mencegah Kanker

Kismis mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan tersebut yang akan membantu untuk mencegah radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel. Perlu untuk diketahui, radikal bebas itulah yang bisa memunculkan pertumbuhan dan perkembangan kanker di dalam tubuh.

4.    Mencegah Anemia

Kismis juga mengadung zat besi yang baik bagi kesehatan tubuh. Dengan adanya zat besi pada kismis, dapat membantu jaringan sel dalam memproduksi sel darah merah dan juga membantu membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh. Dengan manfaat itulah, mengkonsumsi kismis secara rutin akan mencegah kalian terkena anemia defisiensi besi.


Manfaat Kismis bagi Kesehatan: Tulang dan Kulit

5.    Mencegah Osteoporosis

Kalsium yang tinggi merupakan salah satu kandungan kismis yang sangat bermanfaat untuk tulang. Dengan kalsium dan mineral yang ada di kismis dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Bagi wanita yang sudah melewati masa menopause, sebaiknya mongkonsumsi kismis secara rutin agar dapat terhindar dari osteoporosis.

6.    Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kismis mengandung berbagai nutrisi dan antioksidan yang baik bagi tubuh. Zinc dan vitamin C yang terkandung di dalam kismis mampu membantu menjaga peremajaan kulit dan menunda proses penuaan.

Selain itu, kandungan resveratrol yang terdapat di tubuh dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Kismis juga mampu membantu kulit kalian terlindungi sinar matahari yang dapat merusak kulit.


Manfaat Kismis bagi Kesehatan: Pencernaan dan Mata

7. Membantu Pencernaan

Kismis memiliki serat yang tinggi sehingga mampu melancarkan pencernaan. Serat pada makanan dipercaya mampu melancarkan pencernaan dan meredakan sembelit. Sahabat Dream untuk dapat merasakan manfaat kismis bagi kesehatan pencernaan, konsumsilah kismis setiap hari secara rutin.

8. Melindungi Kesehatan Mata

Polifenol yang terkandung di dalam kismis mampu membantu untuk perlindungan kesehatan mata. Polifenol merupakan senyawa yang sejenis dengan antioksidan yang mmampu melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas.

Dengan mengkonsumsi kismis secara teratur, Sahabat Dream dapat merasakan manfaat kismis bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan dapat membantu mengurangi munculnya katarak dan degenerasi makula pada saat usia lanjut.


Nutrisi pada Kismis

Dalam 100 gram kismis mengandung setidaknya 299 kalori dan sejumlah nutrisi yang baik bagi tubuh.(dream.co.id)