AMMDes Ambulance Feeder dan Penjernih Air Diapresiasi Menkes

Pengembangan AMMDes mendapat apresiasi dari Kementerian Kesehatan karena beberapa aplikasinya bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan kesehatan.
AMMDes Ambulance Feeder dan Penjernih Air Diapresiasi Menkes
Menkes Nila Moelok bersama dengan perwakilan Kemenperin/ Kemenperin

Jakarta, Nusantaratv.com - Pengembangan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) mendapat apresiasi dari Kementerian Kesehatan karena beberapa aplikasinya bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit, Puskesmas, dan kelompok masyarakat. Misalnya, AMMDes ambulance feeder serta AMMDes penjernih air dan air bersih.

"Akhir pekan kemarin, di Balai Besar Pelatihan Kesehatan, Menteri Kesehatan Nila Moeloek melihat langsung sejumlah AMMDes yang kami tampilkan. Ibu Menteri sangat merespons positif terhadap beragam fungsi dari AMMDes," ujar Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika di Jakarta, Senin (9/9/2019).

Putu menyebutkan, pada kesempatan itu, Kemenperin memfasilitasi mini expo untuk memajang sebagian alat multiguna yang diharapkan mampu memacu produktivitas dan kesejahteraan di pedesaan tersebut. 

Baca juga: Gandeng Kampus dan Swasta, Kemenperin Kembangkan AMMDes Listrik

Karya anak bangsa yang sudah mengoptimalkan komponen lokal hingga 70% ini selaras dengan fokus program pemerintah membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

Di samping itu, AMMDes penjernih air telah dimanfaatkan bagi para penyintas gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah, pada akhir tahun 2018.

"AMMDes tersebut memang sangat diperlukan, khususnya di daerah yang air bersihnya masih sangat terbatas. Apalagi ketika ada lokasi yang mengalami bencana seperti di Palu, Sigi, dan Donggala beberapa waktu lalu," kata Putu.

Menkes Nila Moelok menyampaikan, dalam upaya mewujudkan masyarakat sehat, diperlukan langkah sinergi sejumlah pihak terkait. "Kami mengharapkan AMMDes ini bisa ada di setiap desa sehingga dapat difasilitasi untuk penyediaan air bersih dan air minum, termasuk juga yang AMMDes ambulance feeder," tutup Menkes.