Gunakan Mata Uang Asing, Pendiri Pasar Muamalah Depok Ditangkap

Kabag Penum Divhumas Polri Kombes Ahmad Ramadhan mengatakan tersangka dengan inisial ZS merupakan  otak dari Pasar Muamalah

Direktorat Tindak Pidana Eksus  Bareskrim Polri telah menangkap ZS pendiri Pasar Muamalah di Tanah Baru Depok, Jawa Barat. Ia diamankan karena menggelar kegiatan yang melanggar undang-undang tentang hukum pidana dan undang-undang mata uang. 

Kabag Penum Divhumas Polri Kombes Ahmad Ramadhan mengatakan tersangka dengan inisial ZS merupakan  otak dari Pasar Muamalah. Ia berperan sebagai penyedia lapak atau tempat transaksi jual beli serta jasa penukaran uang dengan Dinar atau Dirham yang akan digunakan sebagai transaksi di tempat tersebut.

Adapun untuk acuan dari harga Dinar dan Dirham mengikuti harga acuan PT Aneka Tambang. Kemudian pada mata uang tersebut juga terdapat logo ZS dimana logo tersebut digunakan sebagai jaminan dari apa yang terkandung di dalam koin tersebut.

Jumlah pedagang yang berjualan di pasar sekitar 10-15 pedagang yang menjual minuman, makanan dan pakaian. Pasar tersebut beroperasi dua minggu sekali pada hari Minggu dimulai sejak tahun 2014. Semua saksi terkait transaksi pasar tersebut telah diperiksa salah satunya pedagang pasar.

Kabag Penum Div Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan menambahkan tersangka diduga melanggar pasal 9 Undang-undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang hukum pidana dan pasal 33 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang mata uang. Seperti diketahui Pasar Muamalah tersebut viral di media sosial karena melakukan transaksi jual beli dengan menggunakan koin emas.

Nusantara Pagi hadir untuk kebutuhan anda mengenai berita-berita terupdate setiap harinya. Saksikan Nusantara Pagi setiap hari Senin - Jumat jam 06.00 WIB hanya di Nusantara TV 
 

Login dengan
LIVE TV & NETWORK