Google Garap Fitur Anti-Tracking untuk Android

Hingga Saat Ini Masih Belum Diketahui Secara Detail Terkait Fitur Keamanan Tersebut.

Nusantara TV - Google dikabarkan sedang mengembangkan fitur anti pelacakan untuk ponsel berbasis Android. Fitur baru tersebut tampaknya terinspirasi oleh fitur keamanan yang ada di iOS 14.5 milik Apple.

"Perusahaan selalu mencari cara untuk bekerja dengan pengembang guna meningkatkan standar privasi sambil mengaktifkan ekosistem aplikasi yang didukung iklan yang sehat," ujar juru bicara Google, dikutip dari GSM Arena, Sabtu (6/2/2021).

Sayangnya, hingga saat ini masih belum diketahui secara detail terkait fitur keamanan tersebut. Perusahaan mesin pencari raksasa tersebut mungkin tidak akan meminta pengembang untuk menerapkan permintaan yang meminta pengguna memilih pelacakan data seperti milik Apple.

Baca Juga: Google Izinkan Aplikasi Perjudian di 15 Negara

Lebih lanjut, seperti dikutip dari Engadget, Sabtu (6/2/2021), perusahaan kemungkinan akan menghadirkan solusi yang mirip dengan bagaimana open source Privacy Sandbox, yang bertujuan menghilangkan cookie pihak ketiga di Chrome sambil tetap mengizinkan penargetan iklan.

Diketahui, Privacy Sandbox merupakan sebuah sistem yang memungkinkan pengiklan menargetkan sekelompok orang dengan minat yang sama, dimana data individu tidak akan dibagikan dengan bebas.

Google dikabarkan mencoba mencari cara untuk mengimplementasikan fitur serupa yang tidak seketat itu untuk menyeimbangkan tuntutan privasi konsumen dengan kebutuhan finansial pengembang dan pengiklan. 

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK