Setengah Populasi Remaja AS Kecanduan Video Game

Setengah Populasi Remaja AS Kecanduan Video Game
Ilustrasi dari kecanduan video game/ Cnet

Jakarta, Nusantaratv.com -


Mayoritas remaja yang berada di Amerika Serikat (AS) saat ini tengah tergila-gila dengan video game. Fakta tersebut didukung dengan data yang mencatatkan mencapai 65% remaja menghabiskan waktunya bermain video game.

Hal itu terungkap dari sebuah survei yang dilakukan oleh Entertainment Software Association (ESA). Menurut Screenrant.com, survei itu menyatakan bahwa 65% orang dewasa di AS memainkan video game yang artinya lebih dari 164 juta populasi orang dewasa di Negeri Paman Sam.

Disebutkan pula bahwa tiga perempat dari seluruh orang AS memiliki setidaknya satu perangkat video game di rumah. Selain itu dari 93% pemilik smartphone di AS, sekitar separuhnya bermain game mobile di perangkat tersebut.

"Ini merupakan era keemasan video game," kata CEO ESA Stanley Pierre-Louis.

"Video game merupakan sebuah wujud terkemuka dalam kultur hiburan Amerika. Video game meningkatkan pengalaman interkoneksi dan relasi pengguna satu sama lain, dan mendefinisikan ulang irisan antara manusia dan teknologi."

"Orang Amerika main video game untuk bersenang-senang, menghilangkan stres, dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Bentuk inovasi dari hiburan ini menyentuh seluruh bagian kehidupan dan meningkatkan cara kita kerja, main, dan hidup," tuturnya.

Satu fakta menarik lain dari studi tersebut adalah bahwa gamer ternyata gemar hidup sehat, atau setidaknya berusaha mengejar gaya hidup sehat. Hal itu menepis anggapan bahwa gamer identik dengan gaya hidup sembarangan alias tidak sehat.