Tips Buat Nasi Goreng di Rumah Rasa Restoran

Nusantaratv.com - 29 September 2023

Nasi goreng (net)
Nasi goreng (net)

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com – Nasi goreng merupakan salah satu hidangan favorit yang disukai banyak orang. Nasi goreng sering dipilih sebagai menu sarapan, karena rasanya yang lezat dan cara membuatnya yang cukup sederhana. 

Jika ingin mendapatkan nasi goreng rumahan rasa restoran, melansir dari seruni.id, berikut beberapa tips membuat nasi goreng ala restoran.

1. Gunakan Nasi Dingin
Nasi yang hangat dan baru matang memang nikmat disantap. Tapi, tidak untuk dijadikan sebagai nasi goreng, ya. Untuk memasak nasi goreng rumahan dengan cita rasa restoran, sebaiknya gunakanlah nasi yang dingin dan cenderung mulai mengeras. Bahkan, kamu bisa menggunakan nasi sisa semalam untuk meraciknya.

Jika tidak ada nasi sisa, sebaiknya dinginkan nasi yang baru matang atau bisa kamu masukkan ke dalam lemari es terlebih dahulu. Adapun tujuan dari penggunaan nasi yang lebih kering dan dingin adalah untuk menjaga tumisan nasi agar tidak berair selama proses pengolahan.

2. Gunakan Api Besar
Biasanya nasi goreng yang enak akan mengeluarkan aroma dan rasa yang smokey di lidah ketika disantap. Umumnya, para chef atau pedagang nasi goreng mendapatkan sentuhan smokey tersebut dari wajan berjenis wok. Namun sebenarnya, kita bisa menggunakan jenis wajan apapun yang ada di rumah.

Caranya cukup menyalakan api dengan besar saat memasak nasi goreng dan tidak perlu takut gosong. Api yang besar akan lebih cepat memanaskan wajan sehingga timbul aroma asap yang nantinya menempel pada racikan nasi goreng. Masak nasi hingga mengeluarkan asap tidak hanya sekadar tercampur merata saja.


3. Dahulukan Bumbu Aromatik
Saat mulai memasak nasi goreng, sebaiknya dahulukan bumbu aromatik yang dimasukkan ke dalam wajan. Seperti bawang putih, daun salam, sereh, bawang bombay, dan lainnya. Trik ini kerap dilakukan oleh para chef di restoran untuk memaksimalkan keluarnya aroma dari bumbu masak yang digunakan.

Setelah itu, barulah masukkan sayuran untuk isian nasi goreng. Tahap memasukkan bumbu penting untuk diperhatikan, agar rasa dan aroma rempah yang digunakan menyerap sempurna ke dalam minyak. Hasilnya, minyak yang telah berbumbu akan melapisi bulir-bulir nasi secara merata.


4. Kreasikan Isian
Kunci dari nasi goreng yang enak juga terletak pada improvisasi tangan peraciknya, loh. Misalnya, dengan menambahkan berbagai isian seperti ayam suwir, potongan daging, sayuran, atau topping lainnya yang memang kamu sukai.

Nasi goreng juga seringkali menjadi hidangan solutif untuk memanfaatkan sisa makanan di dalam kulkas. Jika sekiranya menemukan bahan makanan yang sudah disimpan terlalu lama sebaiknya potong kecil-kecil dan campurkan ke dalam nasi goreng.

5. Masak Secukupnya
Memasak nasi goreng yang disebut sebagai penyelamat memaksimalkan bahan di dalam kulkas bukan berarti boleh dimasak berlebihan. Sesuaikan banyaknya nasi goreng dengan besarnya wajan yang digunakan untuk memasak. Memasak nasi goreng secukupnya tak hanya memudahkan untuk dimasak tetapi juga agar mencegah nasi mengeluarkan cairan saat dimasak.

Sebagaimana yang perlu diingat nasi goreng yang baik adalah nasi goreng yang kering dan tidak menggumpal. Memasak nasi goreng dalam jumlah yang terlalu banyak juga dapat membuat bahan-bahannya tak matang merata. Hasilnya ketika dimakan ada beberapa komponen yang akan mengganggu lidah saat dinikmati.

Jadi, itulah beberapa tips memasak nasi goreng rumahan dengan cita rasa ala restoran. Jangan lupa diterapkan, ya. Dan semoga hasilnya memuaskan dan bisa dinikmati oleh keluarga.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])

Berita Terkait
makanan bergizi-1706179557
Rawon-1704975348