Sayuran Lalapan Ini Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi

Nusantaratv.com - 20/07/2022 07:46

Sayuran lalapan
Sayuran lalapan

Penulis: Armansyah

Nusantaratv.com - Indonesia kaya akan keanekaragaman tumbuhan. Sebagian dari tumbuh-tumbuhan tersebut dapat dikonsumsi sebagai lalapan.

Lalapan dapat terdiri dari berbagai jenis sayur yang dapat dimakan mentah, direbus, atau dikukus, serta dihidangkan bersama sambal. Selain menambah nafsu makan, nyatanya lalapan juga baik untuk kesehatan. 

Biasanya lalapan nikmat disantap dengan nasi putih, sambal, dan ikan asin. Selain bagus untuk kesehatan, ternyata ada beberapa jenis lalapan yang dapat menjadi penurun kolesterol tinggi lho.

Kolesterol sendiri merupakan zat lilin yang ditemukan di tubuh dari produk hewani seperti daging, telur, dan susu. Beberapa orang yang memiliki masalah kolesterol, dapat menurunkan kadar kolesterolnya dengan sering mengonsumsi lalapan.

Penasaran lalapan apa saja yang dapat menurunkan kolesterol tinggi? Berikut ulasannya seperti dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (20/7/2022).

1. Kol atau Kubis

Kol atau kubis memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Meskipun memiliki kandungan gas yang tinggi, namun kol atau kubis bagus untuk melancarkan pencernaan dan metabolisme tubuh. Selain itu sayuran ini juga memiliki kandungan sulforafan, iberin, histidin dan Cyano Hidroksi Butena (CBH) yang dapat menurunkan kolesterol.

2. Selada air

Selada air memiliki rasa yang renyah dan segar sehingga cocok untuk dijadikan sebagai lalapan. Selada air juga sering ditemukan dalam hidangan salad. Selada air mengandung antioksidan, vitamin C, gluconasturtiin, vitamin K dan vitamin A yang dapat melawan perkembangan sel kanker. Selada air juga dapat membantu menurunkan berat badan lho.

Selain itu, selada juga mengandung mineral penting, seperti zat besi, kalium, kalsium, dan asam folat. 

Selain untuk lalapan, kandungan kalori yang rendah dan serat yang cukup tinggi, menjadikan manfaat selada cocok digunakan untuk salah satu bahan makanan dalam menu diet Anda. 

Bahkan, sebuah penelitian yang dimuat dalam International Journal of Molecular Sciences menyebut bahwa selada memiliki kandungan polifenol, yang bersifat antioksidan dan antitumor.

3. Terong

Terong hijau yang berbentuk bulat kerap dijadikan sebagai salah satu jenis lalapan yang disukai banyak orang. Selain memiliki rasa yang lezat, terong juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Terong juga sering digunakan sebagai obat alami untuk meningkatkan HDL atau kolesterol baik.

Terong diketahui kaya akan kandungan vitamin dan mineral, seperti vitamin B6, vitamin B1, kalium, dan folat. 

Selain itu, terong juga memiliki kandungan serat dan merupakan sumber fenolik yang bersifat sebagai antioksidan.
 

4. Kale

Lalapan lain yang dapat mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh adalah kale. Kale mengandung banyak vitamin dan lutein yang bagus untuk tubuh.

5. Buncis

Dan yang terakhir ada buncis. Selain dijadikan lalapan, buncis juga biasa diolah menjadi tumisan yang memiliki rasa yang lezat. Bukan sekedar sayuran biasa, buncis juga memiliki banyak manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan serat pada buncis juga bagus untuk pencernaan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in