Resep Pindang Patin khas Palembang, Simpel dan Mudah di Praktekkan Dirumah

Nusantaratv.com - 04/07/2022 14:57

Poto : Resep pindang patin oleh: @ima.yy (Net)
Poto : Resep pindang patin oleh: @ima.yy (Net)

Penulis: Nofi Ardiyanto

Nusantaratv.com - Untuk kamu yang pernah jalan-jalan ke Palembang pasti tidak asing dengan kuliner Pindang Ikan patin. Pindang patin merupakan salah satu masakan khas dari kota Palembang, Sumatra Selatan.

Selain pempek, kota Palembang juga terkenal dengan resep pindang ikan patinnya. Makanan ini juga merupakan menu wajib yang perlu Anda coba ketika bertandang ke Palembang, alternatif kuliner lain selain tentunya pempek.

Resep legendaris ikan patin yang dipindang khas Palembang ini sebetulnya bisa kamu masak sendiri di rumah lho. Selain mudah dan menyenangkan, resep dari olahan ikan patin ini dijamin menjadikan masakan rumahan sehari-hari jadi lebih istimewa.

Nah, kalau belum ada rencana ke Palembang, Anda bisa mencoba memasaknya sendiri di rumah, karena sebenarnya cara masak pindang patin ini tidak terlalu sulit, sehingga Anda bisa membuatnya dengan mudah.

Penasaran ingin membuatnya sendiri, persiapkan dulu bahan dan bumbunya, setelah itu ikutilah panduan resep pindang patin berikut ini.

Bahan dan Bumbu Pindang Patin

Bahan-bahan:

1. 600 gr ikan patin

2. 500 ml atau lebih air

3. 1 buah jeruk nipis

4. 1/2 buah tomat

5. 1-2 sendok makan air asam jawa, sesuai selera

6. Secukupnya gula, garam, merica, kaldu bubuk 

7. Secukupnya nanas dan kemangi

8. Secukupnya minyak sayur

Bumbu Halus:

1. 3 siung bawang merah

2. 3 siung bawang putih

3. 1 cm kunyit

Bumbu Tambahan:

1. 2 sdm cabai merah halus

2. 1 cm lengkuas, geprek

3. 1 batang serai, geprek

4. 1 cm jahe, geprek

5. 2 lembar daun salam

6. 2 lembar daun jeruk, boleh diskip jika tidak suka

Cara Masak Patin Pindang:

Cuci ikan patin hingga bersih, lumuri dengan perasan air jeruk nipis, diamkan beberapa menit, lalu bilas lagi hingga bersih. Sisihkan.

Panaskan minyak sayur, lalu tumis bumbu halus hingga harum, lalu tambahkan cabai merah halus, dan tumis hingga bau langu-nya hilang.

Tuang 500 ml air kedalam tumisan, lalu tambahkan lengkuas, serai, jahe, daun salam dan daun jeruk. Masak hingga mendidih.

Masukkan ikan patin, dan masak hingga mendidih. Setelah itu tambahkan secukupnya gula, garam, merica dan kaldu bubuk. Aduk perlahan hingga rata, lalu koreksi rasa, apabila sudah pas, tambahkan air asam jawa sesuai selera. Koreksi rasa.

Setelah dirasa sudah pas, masukkan tomat, nanas dan daun kemangi kedalam masakan. Masak sebentar saja, lalu matikan api.

Catatan:

Apabila suka manis, bisa ditambahkan kecap manis, dan kalau ingin lebih gurih, bisa ditambahkan terasi bakar pada saat menumis bumbu halus.

Bagaimana, tidak terlalu sulit kan resep pindang ikan patin ini. Rasanya yang enak dan gurih serta tekstur daging ikan patin yang lembut, semakin menambah nikmat ketika disajikan untuk keluarga di rumah.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in

Berita Terkait
Daging steak-1669892965
Martabak Pizza Orins-1667458167
Kafe Chef Recipe-1666695458