Menjelajahi Ragam Cita Rasa Khas Nusantara di Kawasan Kuningan Jakarta

Nusantaratv.com - 15 Maret 2023

Beberapa hidangan khas Nusantara di Restoran Antarasa di One Satrio, Kuningan, Jakarta Selatan. Foto diambil Selasa (14/3/2023). ANTARA/Suci Nurhaliza
Beberapa hidangan khas Nusantara di Restoran Antarasa di One Satrio, Kuningan, Jakarta Selatan. Foto diambil Selasa (14/3/2023). ANTARA/Suci Nurhaliza

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Indonesia merupakan negara yang kaya akan rempah-rempah sehingga memiliki banyak sekali kuliner dengan cita rasa yang beragam. Setiap daerah pun memiliki kuliner khas masing-masing.

Namun, untuk menikmati keragaman cita rasa khas Nusantara, tak selalu harus berkeliling Indonesia, sebab Anda dapat menemukannya di restoran Antarasa.

Pada Selasa (14/3), restoran tersebut yang berlokasi di kawasan Kuningan, Jakarta, untuk menyantap menu-menu andalannya, yang di antaranya merupakan kreasi dari chef Juna dan chef Renatta.

Antarasa merupakan restoran all-day-dining, sehingga Anda dapat menikmati berbagai hidangan, mulai dari sarapan, makan siang, makan malam, hingga camilan.

Pewarta kantor berita ini pun berkesempatan mencicipi spicy salmon sebagai hidangan pembuka. Hidangan ini terbilang cukup unik, sebab salmon yang dikombinasikan dengan sambal bawang mayo dan crispy garlic itu disajikan bersama wafer cone, yang biasanya dinikmati bersama es krim.
Selain tampilannya yang unik, spicy salmon juga memiliki rasa yang unik. Rasa pedas sambal bawang mayonya pun cukup terasa pekat di lidah. Meski begitu, wafer cone-nya mampu menjadi penetralisir rasa pada suapan terakhir.

Dengan begitu, tampaknya menu ini sangat cocok bagi Anda yang ingin memperkaya pengalaman unik saat bersantap.

Head of Product Innovation & Development Dailybox Group Arcad Fadillah mengatakan  spicy salmon terinspirasi dari tuna gohu, makanan khas Sulawesi yang terbuat dari ikan tuna mentah yang kemudian dimarinasi dengan perasan jeruk.

"Kemudian kita ambil ide itu untuk bikin sesuatu yang sudah biasa dimakan oleh orang Indonesia tapi kita bikin style-nya Antarasa," kata Arcad.

Adapun pemilihan ikan salmon pada menu tersebut berangkat dari lidah kebanyakan orang Indonesia yang lebih menyukai salmon mentah daripada tuna mentah. Sementara, penyajian spicy salmon dengan wafer cone, menurut Arcad, bertujuan agar lebih praktis saat dimakan.

Memasuki hidangan selanjutnya, ada iga bakar konro ala chef Juna dan tongseng kambing ala chef Renatta.
Iga bakar konro ala chef Juna disajikan dengan saus kacang dan sambal bawang. Iga bakar konro merupakan makanan khas Makassar yang telah menjadi salah satu warisan kuliner Nusantara.

Iga bakar konro ala chef Juna memiliki cita rasa perpaduan dari manis dan gurih yang pas. Rasanya akan semakin mantap saat disantap dengan sambal bawang dan nasi hangat.

Sementara itu, tongseng kambing ala chef Renatta juga tak kalah menggugah selera. Tongseng kambing sendiri merupakan makanan khas Klego, Boyolali, Jawa Tengah.
Di tangan chef Renatta, menu tersebut disajikan dengan kuah yang segar serta memiliki cita rasa yang kaya akan rempah. Saat menikmatinya, Anda akan merasakan rasa gurih, manis, dan pedas sekaligus dalam takaran yang pas.

Selain hidangan-hidangan tersebut, cobalah untuk menikmati juga signature menu dari Antarasa, yakni kambing bakar Mang Yopi. Sesuai namanya, menu tersebut berupa kambing bakar yang disajikan dengan sayur, sambal dabu, dan sambal bawang.

Ketika menyantap menu tersebut, lidah akan dimanjakan dengan cita rasa rempah khas Nusantara dipadu dengan rasa pedas dan segar. Menu ini dijamin akan meningkatkan nafsu makan Anda.
  merekomendasikan Anda untuk menikmati beef bone marrow, konro sapi yang disajikan dengan saus kacang, sumsum tulang panggang, dan acar bawang merah. Bisa ditebak, menu ini memiliki cita rasa yang gurih dan memanjakan lidah. Apalagi, saat dicampur dengan nasi hangat.

Selain itu, cobalah juga menu iga garang asam, yakni iga sapi yang disajikan dengan kuah asam dan pedas, disertai dengan cabai, tomat, dan kentang. Kuahnya sangat kaya akan rempah dan terasa segar di lidah.  
Untuk dessert atau sajian penutup, ada traditional durian ice cream sundae, earl grey tea chocolate tart, coconut caramel, dan apple tartine.

Bagi Anda pecinta durian, tentu wajib untuk mencoba traditional durian ice cream sundae. Hidangan ini terdiri atas es krim durian, ketan hitam, alpukat, kacang merah, kelapa, bongko pandan, dan ce hun tiau.

Rasa manis yang tidak berlebihan serta segarnya perpaduan seluruh bahan yang digunakan membuat menu tersebut menjadi hidangan penutup yang sempurna.
Earl grey tea chocolate tart cocok bagi Anda pecinta manis. Hidangan ini memiliki tekstur yang lembut dengan sedikit kejutan berupa tekstur yang renyah di dalam. Perpaduan rasa earl grey tea dengan cokelatnya juga sangat cocok dan pas.

Sedangkan coconut caramel, sesuai namanya, merupakan hidangan yang berbahan dasar kelapa dan karamel. Rasanya tidak terlalu manis dan memiliki tekstur yang lebih renyah dibandingkan earl grey tea chocolate tart. Sejak suapan pertama, hidangan ini akan membuat hati Anda membuncah dan tak bisa berhenti mengunyah.

Sementara, menu apple tartine merupakan apel caramelized dan creme brulee di bawahnya. Saat menyantap ini, lidah Anda akan merasakan manis kemudian dikejutkan dengan rasa asam yang menyegarkan.  
Secara keseluruhan, bersantap di Antarasa merupakan pilihan yang tepat, terlebih jika Anda ingin mengajak keluarga, sahabat, maupun kolega.

Sebab, menu yang disajikan sangat beragam dan lezat. Selain hidangan Nusantara, Anda juga bisa menemukan beberapa menu internasional yang disesuaikan dengan selera masyarakat Indonesia.

Selain di One Satrio Kuningan, Jakarta Selatan, Antarasa juga hadir di Puri Indah Mall, Jakarta Barat. Sebelumnya, restoran ini dibuka pertama kali di Pontianak, Kalimantan Barat.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])

Berita Terkait
makanan bergizi-1706179557
Rawon-1704975348