Mengenal Panci Presto Untuk Memasak Lebih Cepat

Nusantaratv.com - 08/06/2022 08:37

Panci Presto
Panci Presto

Penulis: Armansyah | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Kini ibu-ibu rumah tangga telah banyak yang memiliki panci Presto. Karena memasak dengan menggunakan panci presto akan lebih cepat matang dan hasilnya maksimal.

Kalau mendengar kata “Presto”, ingatan orang tentu akan mengarah ke “Bandeng Presto”. Iya betul, Bandeng presto dimasak dengan menggunakan panci presto. Sehinga duri dari ikan bandeng ini lunak dan bisa ikut dimakan.

Anda pernah menyantap bandeng presto? 

Kalau belum pernah, usahakanlah untuk menyantapnya, Anda akan merasakan tekstur daging yang lembut dengan duri-durinya yang bisa dilahap langsung. Makan nasi hangat dengan bandeng presto goreng dan sambal, dijamin putra-putri ibu akan nambah lagi makannya.

Berikut ini disajikan artikel terkait panci presto yang dikutip dari maknawi.com, untuk memberi gambaran tentang panci presto, penggunaan dan manfaatnya. 

Cara Bekerja Panci Presto
Panci presto memiliki keunggulan dapat memasak lebih singkat. Hal ini terjadi karena panci ini dilengkapi dengan tutup panci yang sangat rapat menyebabkan uap di dalam panci tidak dapat keluar dan suhu di dalam panci akan menjadi sangat tinggi.

Dengan suhu di dalam panci yang sangat tinggi, membuat makanan jauh lebih sehat sebab dengan suhu didih tinggi membuat kuman serta mikroorganisme langsung mati.

Kecepatannya mencapai 80% dibandingkan panci biasa. Kualitasnya pun lebih baik karena proses memasak yang sangat singkat.

Manfaat Panci Presto Untuk Memasak

1. Hemat Energi
Proses memasak yang cepat, mempengaruhi penggunaan energi seperti listrik sehingga lebih hemat. Pun tidak akan mengeluarkan uap minyak, jadi mom tidak ribet membersihkan dapur setelah memasak.

2. Nutrisi Yang Terjaga
Panci presto hanya membutuhkan waktu yang terbilang singkat dalam mematangkan makanan dan ini membuat kandungan nutrisi yang ada pada bahan makanan tetap terjaga dengan baik sehingga rasa dari hasil masakan akan jauh lebih nikmat sebab menggunakan sedikit air yang tidak akan mempengaruhi rasa makanan.

3. Makanan Lebih Sehat
Memasak dengan suhu tinggi akan membunuh segala bakteri yang ada pada makanan. Selain itu, dapat membuat duri ikan serta tulang ayam menjadi lunak dan aman untuk dikonsumsi .

4. Lebih Aman
 
Desain panci presto didesain aman untuk digunakan, dengan dilengkapi hingga enam buah katup serta sistem ventilasi untuk penjagaan keselamatan bagi pengguna.

Serta untuk mencegah hal yang tidak diinginkan ketika memasak.

Mekanisme gasket dan proses melepas tekanan berlebihan akan disalurkan secara baik. Keunggulan lainnya, panci ini tidak banyak membutuhkan perawatan. Biasanya ibu-ibu suka yang simpel.

5. Serbaguna
Panci ini didesain multifungsi dengan beraneka ragam kegunaan pengolahan makanan, seperti merebus, menggoreng, mengukus, memanggang, dan lain-lain.

Dengan alat ini, dapat memangkas pengeluaran untuk pembelian alat lainnya yang serupa. Selain itu, tempat di dapur pun lebih efektif penggunaannya.

6. Suhu Dapur Lebih Sejuk
Di wilayah tropis seperti di Indonesia, area dapur biasanya lebih panas suhunya saat memasak. Dengan penggunaan panci presto, uap panas akan tertahan di dalam panci, membuat dapur lebih sejuk dari biasanya.

7. Dapat Membuat Tulang Menjadi Empuk


Keunggulan lainnya, panci ini dapat membuat tulang dan duri menjadi empuk. Urat serta daging dalam waktu yang sangat cepat pun menjadi empuk. Hal ini tidak dapat dilakukan dengan panci biasa.

8. Dapat Membuat Kue
Kabar gembiranya, panci ini dapat digunakan juga untuk membuat kue dengan tekstur lembut. Caranya mudah, yaitu dengan memberi alas kertas roti pada dasar panci, kemudian tuang adonan dan tutup panci hingga adonan matang sempurna.

Baca Juga: Bukan Cuma Bumbu Memasak, Berikut Manfaat Garam untuk Dapur Anda
https://nusantaratv.com/berita/bukan-cuma-bumbu-memasak-berikut-manfaat-garam-untuk-dapur-anda

9. Mudah Dibersihkan
Tutup panci yang sangat tertutup rapat, menyebabkan uap ataupun minyak tidak keluar dari panci ketika memasak. Inilah yang akan membuat senang ibu-ibu rumah tangga, karena dapur akan selalu bersih dari noda setiap saat tanpa harus di pel terus ketika selesai memasak.

10. Anti Karat
Panci presto umumnya diproduksi menggunakan bahan stainless steel yang tahan karat. Sehingga awet dan tahan lama. Sehingga tidak perlu ada anggaran besar lagi untuk pembelian panci akibat karat yang muncul.

Ketika memilih panci presto, dapat dipilih panci presto berbahan alumunium yang ringan dan harga terjangkau serta memiliki sifat konduksi panas yang baik.

Kekurangan bahan alumunium adalah jika digunakan dalam waktu yang lama biasanya akan muncul bercak hitam di bagian bawah panci.

Pilihan lainnya adalah bahan material stainless steel. Bahan ini lebih kuat dan berat dan harga lebih mahal. Namun, bahan ini lebih tahan lama sehingga bisa lebih awet dan terjaga kualitasnya.

Kekurangannya adalah konduktor panas kurang baik dibandingkan bahan alumunium.

Demikianlah sekilas panci presto. Jadi ibu-ibu dapat mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum membelinya. Semoga artikel ini bermanfaat.
 

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in