Mengenal Es Goyobod, Minuman Segar Khas Garut

Nusantaratv.com - 11/08/2022 22:12

Es Goyobod
Es Goyobod

Penulis: Armansyah | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Pernah mendengar minuman bernama Es Goyobod? Namanya terdengar asing? Ya, untuk sebagian orang, namun tidak untuk masyarakat Garut. Mereka pasti mengenal betul minuman ini. Es Goyobod merupakan minuman khas dari Garut, Jawa Barat. Minuman ini memiliki cita rasa manis, gurih dan menyegarkan. 

Nama Goyobod sendiri bukan merupakan bahasa Sunda atau Jawa. Goyobod diambil dari bahasa Belanda yang berarti “basah”. Mungkin es goyobod bisa diartikan secara gampblang sebagai minuman basah menyegarkan. 

Es Goyobod sebenarnya tak jauh beda dengan es campur pada umumnya, namun rasanya yang menjadi pembeda dengan es campur. Perbedaan cita rasa ini mungkin dipengaruhi oleh komposisi bahan yang digunakan.

Es Goyobod sendiri menggunakan campuran beberapa bahan utama seperti tepung hunkwe/tepung sagu, tape singkong, potongan roti serta rautan kelapa yang diberi kuah santan, susu serta tambahan es serut. Kemudian dalam penyajiannya beberapa orang akan menambahkan agar-agar, cincau, buah alpukat, ketan hitam dan beberapa variasi lainnya. Semuanya tergantung selera.

Agar tidak penasaran, tidak ada salahnya kita mencoba membuat sendiri di rumah es Goyobod, berikut resep mudah membuat es goyobod yang dikutip dari kreasimasakan.blogspot.com :

BAHAN :
300 ml air
50 gr gula merah
50 gr tepung hunkwe
1/2 sdt garam
1 lbr daun pandan

BAHAN KUAH :
600 ml santan dari 1 btr kelapa
200 gr gula merah, sisir halus
½ sdt garam
2 lbr daun pandan

BAHAN PELENGKAP :
1 btr kelapa muda, keruk melebar
1 bh alpukat, keruk dagingnya
es serut

CARA MEMBUAT ES GOYOBOD ENAK :

  1. Buat goyobod: rebus air dan gula merah, saring lalu dinginkan. Tambahkan bahan lain, rebus kembali hingga mendidih dan kental.Tuang ke loyang persegi 18 cm, diamkan hingga dingin, potong kotak 1 cm, sisihkan.
  2. Buat kuah: rebus bahan kuah sambil diaduk hingga mendidih, saring. Dinginkan.
  3. Sendokkan pelengkap ke dalam mangkuk kecil, tambahkan goyobod dan kuah, lalu hidangkan.
  4. Sajikan Minuman Dingin Es Goyobod Enak untuk 6 orang.

Penyajian Es Goyobod
Untuk penyajiannya, isi mangkok atau gelas dengan potongan hunkwe, rautan kelapa muda, alpukat, ketan hitam dan lain-lain (tergantung selera). Setelah itu tuangkan sirup, kuah santan, beberapa potongan roti serta es serut. Jangan lupa juga untuk memberi susu kental manis. Dan Es Goyobod yang segar siap disajikan

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in