‘Kethek’ Kuliner Khas Kebumen

Nusantaratv.com - 30/07/2022 09:29

Kethek, kuliner khas Kebumen
Kethek, kuliner khas Kebumen

Penulis: Armansyah | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com – Semakin ke sini Kota Kebumen semakin ‘cantik’ penataan kota yang dilakukan oleh Pemkot setempat telah mengubah kota ini menjadi kota tujuan wisata. Banyak destinasi wisata kekinian yang menawarkan keindahan alam menjadi tujuan wisata para wisatawan di musim liburan. 

Sejalan dengan berkembangnya pariwisata di Kebumen, banyak orang juga tertarik untuk menggali lebih dalam mengenai berbagai kuliner khas yang disuguhkan di daerah ini. Salah satunya yakni yang disebut dengan Kethek oleh warga Kebumen. Kethek adalah kuliner khas Kebumen terbuat dari ampas kelapa.

Meski memiliki nama yang nyeleneh, Kuliner khas Kebumen ini rasanya enak dan banyak digemari oleh masyarakat setempat maupun oleh orang-orang di luar Kebumen.

Melansir dari murianews.com Sabtu (30/7/2022), Kethek ini telah ada sejak zaman dahulu dan sering disajikan sebagai menu sarapan. Kethek umumnya disantap dengan nasi hangat, tempe goreng dan juga getuk. 

Kuliner asli Kebumen ini terbuat dari perasan ampas kelapa sisa pembuatan minyak kelapa yang kerap dijuluki dengan blondo. Lalu, blondo tadi dikukus lantas diberi bumbu seperti cabai, garam, kencur, gula, bawang putih, bawang merah, daun salam dan juga lengkuas.

Dengan dibungkus daun pisang, aroma dari kethek ini sangat harum dan menggugah selera. Karena rasanya yang unik, tidak heran jika Kethek banyak digemari oleh warga lokal dan juga wisatawan. 

Tetapi sayangnya, keberadaan Kethek ini sudah mulai jarang ditemui baik di pasar hingga etalase pusat jajanan tradisional. Tidak adanya regenerasi yang baik membuat para pembuat Kethek semakin langka. 

Kendati demikian, masih ada penjual Kethek dipasar-pasar tradisional di daerah Kebumen. Jadi saat Anda berkesempatan mampir ke Kebumen, jangan lupa untuk mencicipi sajian Kethek ini ya agar kulinas khas daerah ini tidak punah digilas zaman.
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in