Caos Dahar Lorogending, Kuliner Kesukaan Sunan Kalijaga

Nusantaratv.com - 27/07/2022 21:38

Caos Dahar Lorogending
Caos Dahar Lorogending

Penulis: Armansyah | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com – Kuliner di Indonesia memang banyak ragamnya. Setiap daerah di Nusantara ini memiliki kuliner yang menjadi ciri khas daerahnya masing-masing. Sebut saja Sumatera Barat atau Padang khas dengan Rendangnya, Palembang dengan Empek-empeknya, Semarang dengan Tahu Gimbalnya, begitu juga dengan kota-kota lainnya.

Kali ini kita akan bahas tentang kuliner khas yang unik dari Kota Demak. Kuliner ini disebut unik karena tidak dijual di warung-warung makan atau pun restoran. Kuliner yang disebut dengan nama Caos Dhahar Lorogending ini konon kuliner khas Kota Demak favorit dari Sunan Kalijaga.

Jika kita menginginkan kuliner ini kita tidak akan menemukannya di pinggir-pinggir jalan karena memang tidak diperjualbelikan. Caos Dhahar Lorogending biasanya akan disajikan pada salah satu acara tertentu atau selamatan ahli waris Sunan Kalijaga yang hajatnya terkabul.

Tampilan Caos Dahar Lorogendhing. (Foto: Zaidi)

Dan yang memasaknya pun khusus abdi dalem yang masih memiliki trah Sunan Kalijaga. Bahkan untuk memasak caos dhahar lorogending ini ada pakem yang tak boleh dilanggar.

Dikutip dari Jatengnews.id, keberadaan kuliner satu ini cukup langka, untuk itu perlu memesan atau menunggu momentum tertentu untuk bisa mencicipinya.

Sajian Caos Dhahar Lorogending pun cukup menarik, yakni nasi golong, urap daun mengkudu, sayuran kacang panjang, daun kelor dan beberapa tambahan lainnya.

Uniknya lauk Caos Dhahar dimasak dengan cara dibakar,  seperti ikan asin petek bakar, pecel lele, dan ingkung ayam jago.

Sementara untuk penyebutan Lorogendhing sendiri berarti kudapan atau urap yang disebut-sebut sebagai kesukaan Sunan Kalijaga.

Konon dalam proses pembuatan Caos Dahar ini memiliki pakem tersendiri yakni seorang perempuan abdi ndalem trah Sunan Kalijaga yang sudah monopouse atau tidak mengalami menstruasi lagi. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in