Buah Ini Langka di Dunia, Ribuan Warga Inggris Harus Antre Membeli

Nusantaratv.com - 21/03/2022 23:00

Aplhonso Mango/net
Aplhonso Mango/net

Penulis: Syasqia Nabilla | Editor: Alamsyah

Nusantaratv.com - Salah satu buah langka di dunia ini membuat ribuan warga di Inggris harus mengantre. Buah itu adalah Mangga dan diberi label Aplhonso Mango. Buah yang pertama kali ditanam di India Barat ini, memiliki ciri khas buah yang juicy, dan rasanya yang manis sehingga digemari di Inggris.

Banyak restoran mewah, hingga chef-chef terkenal yang menggunakan mangga ini untuk meracik makanan hingga dessert. Tak heran daftar antrean pembeli yang menginginkan buah ini mencapai seribu orang di Inggris.

Ada alasan tersendiri mengapa buah ini memiliki daftar antrean yang sangat panjang. Karena Alphonso Mango hanya tersedia selama tiga bulan di Inggris. Dari bulan Maret sampai Juli. Menurut beberapa pengamat, buah ini diprediksi akan terjual lebih dari 500,000 butir dalam waktu 12 minggu saja.

Hal ini juga dibenarkan oleh Jyoti Patel. Pemilik sekaligus CEO perusahaan Red Rickshaw dan FeastBox di Inggris, yang terkenal menjual bahan-bahan makanan yang sulit dicari di dunia. Seperti Alphonso Mango ini.

"Alphonso Mango ini memiliki perjalanan yang panjang dari perkebunan, kemudian sampai ke piring konsumen di rumah-rumah sampai di restoran berbintang Michelin di Inggris," jelas Jyoti, mengutip detikfood.

Walau ditanam di India, tapi mangga ini sebenarnya masih satu keturunan dengan mangga Brazil. Biji mangga Brazil ini kemudian ditanam di India, dan karena ada perbedaan kandungan mineral pada tanah di India. Mangga Brazil ini justru membuat varian mangga baru, yaitu Alphonso.

Berbeda dengan mangga jenis lain yang biasanya baru dipanen dan dikirim sebelum matang seutuhnya. Kalau mangga Alphonso harus dipanen ketika buah ini sudah benar-benar matang merata.

Artinya dalam waktu singkat petani dan produsen harus mengirim buah-buah itu dalam waktu singkat, sebelum kondisi buah menjadi busuk dalam perjalanan. Karenanya dibutuhkan biaya yang sangat mahal untuk mengirim buah ini ke luar negeri.

Ada alasan tersendiri mengapa buah ini baru bisa dikirim ketika matang. Karena khusus mangga Alphonso, buah ini baru bisa matang di suhu udara yang panas dan kering seperti di India.

Bahkan sebelum masa panen saja, banyak produsen atau perusahaan buah import yang sudah membayar mangga itu ke petani dengan harga yang telah disetujui.

"Di perusahaan kami sendiri, kami harus mencari para petani terbaik yang bisa diajak bekerja sama, yang bisa kami pastikan dapat memberikan kami produk terbaik yang berkualitas," sambung Jyoti.

Karena masa penyimpanan yang pendek juga, jadi pihak perusahaan buah atau produsen lainnya tidak berani menyetok buah mangga ini dalam kapasitas banyak. Sehingga jumlahnya sangat sedikit yang bisa masuk Inggris, meski peminat mangga ini cukup banyak.

Tak hanya digemari di Inggris, sampai ditunggu oleh seribu orang. Tapi mangga Alphonso ini sejak dulu sudah populer di India. Banyak orang India yang memilih memakan buah ini untuk sarapan, makan siang hingga makan malam karena rasanya yang manis dan sensasi lumer di mulut.

Harga mangga ini di India berkisar dari Rs 500 (Rp 95.000) per kg. Sementara di Inggris sendiri harganya bisa berkali-kali lipat lebih mahal tergantung biaya transpor yang dikenakan pihak importir buah.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in