Bajingan, Camilan Unik dari Temanggung

Nusantaratv.com - 04/11/2021 08:08

Makanan unik dari Temanggung bernama bajingan. (Istimewa)
Makanan unik dari Temanggung bernama bajingan. (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Jawa Tengah (Jateng) dikenal sebagai tempat wisata kuliner yang memiliki berbagai makanan unik yang cukup menggoda untuk dicicipi. Salah satunya yang terdapat di kota Temanggung.

Dinamai bajingan. Jajanan tradisional yang satu ini terbuat dari singkong. Kendati penyebutan untuk makanan ini terkesan kasar, namun makanan ini terkenal memiliki rasa lezat dan manis.

Tapi perlu dicatat, untuk bisa menghasilkan santapan bajingan yang gurih dan enak, diperlukan singkong yang bertekstur empuk. Yakni, tidak terlalu muda juga tidak terlalu tua.

Jenis yang cocok digunakan biasanya bukan singkong yang berasal dari kebun atau ladang, melainkan singkong sawah. Sebab, jika teksturnya keras, bajingan akan menjadi kudapan yang kurang lezat untuk disantap.

Bajingan ini dibuat dari singkong yang dipotong kecil-kecil. Selanjutnya potongan-potongan singkong itu direbus dengan gula merah dan santan kental. Nah, dari gula merah dan santan itulah bajingan memiliki rasa manis gurih dan nikmat.

Bajingan ini sangat cocok disajikan sebagai camilan untuk ngeteh atau ngopi sambil bersantai baik di pagi hari maupun sore hari.

Tapi, tahu nggak? Dibalik namanya yang kasar, ternyata kuliner satu ini diambil dari istilah sopir gerobak sapi di Jateng dan Yogyakarta yang disebut bajingan.

Santapan singkong legit ini dianggap identik dengan suguhan mewah para sopir grobak tersebut. Bagi mereka bajingan merupakan hidangan mewah pada era 1960-an, terlebih dengan strata sosial rendah. 

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in