7 Kuliner Masakan Nusantara Hidangan Sehari-hari

Nusantaratv.com - 16/01/2023 13:35

Nasi Uduk (net)
Nasi Uduk (net)

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - Indonesia memiliki aneka ragam masakan yang bercita rasa tinggi. Diolah dengan aneka rempah membuat masakan khas Indonesia begitu menggoda karena memiliki rasa dan aroma yang kuat. Wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia pun tidak tidak pernah melewatkan untuk mencicipi aneka kuliner yang ada.

Selain banyak tersedia di rumah-rumah makan atau restoran, aneka masakan nusantara mudah dibuat sendiri di rumah. Banyak para perantau kangen akan kampung halaman hanya karena kangen dengan masakan ibu di kampung. 

Dikutip dari berbagai sumber, berikut tujuh masakan khas nusantara yang mudah dibuat dan cocok untuk konsumsi sehari-hari. Membuatnya pun tidak ribet

Nasi Goreng

Nasi goreng (net)

Saat kita masih kecil Ibu selalu membuatkan nasi goreng untuk sarapan kita sebelum berangkat ke sekolah. Nasi goreng sangat mudah dibuat, bumbu-bumbunya pun mudah didapat. Apalagi kalau ditambahkan dengan sayuran dan telur mata sapi di atasnya, nasi goreng jadi begitu menggoda. Bahkan konon kabarnya, mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama sangat menyukai menu asli Indonesia ini.

Nasi Uduk
Nasi Uduk (net)

Memiliki rasa yang gurih, nasi uduk disukai banyak orang. Nasi uduk cocok dipadupadankan dengan aneka lauk mulai dari tempe goreng, tahu, ikan, telur balado, ayam goreng dan sebagainya.  Masakan asli Betawi ini enak untuk sarapan maupun makan di malam hari.


Nasi Padang

Nasi Padang (net)

Dari namanya saja tentu kita sudah bisa menebak bahwa kuliner yang satu ini berasal dari daerah Minang, Padang Sumatera Barat. Nasi Padang kini banyak dijumpai dimana pun di seluruh pelosok tanah air, bahkan ada di beberapa negara di luar negeri. Banyak rumah makan Padang tersebar di seluruh kota-kota di Indonesia baik di kota besar maupun kecil. Dengan cita rasanya yang khas, makanan yang kaya akan rempah ini disukai berbagai kalangan baik tua maupun muda.

Gudeg

Gudeg (net)

Kalau bicara masakan Gudeg, orang langsung ingat Yogyakarta. Saat peri ke Yogya tentu kurang lengkap kalau tidak mencicipi masakan gudeg. Rasa sayur gudeg yang manis diitambah dengan sayur krecek dan ayam opor membuat siapa pun yang memakannya ingin nambah lagi.


Rawon
Rawon (net)

Kuliner lain yang juga menjadi ciri khas suatu daerah adalah masakan Rawon. Masakan dengan ciri khas kuah berwarna hitam dengan potongan dagiang di dalamnya ini merupakan masakan khas Jawa Timur. Masakan Rawon cocok disantap dengan tambahan kecambah mentah, telur asin dan sambal terasi. Maknyuss!


Pecel Lele

Pecel Lele (net)

Masakan yang mudah dibuat lainnya adalah Pecel Lele. Cukup goreng ikan lele hingga garing, lalu siapkan sambal terasi campur tomat. Dihidangkan dengan nasi hangat dan lalapan daun kemangi dan timun, dipastikan kamu akan minta nambah lagi. Pecel Lele enak dimakan di siang atau malam hari.

Opor Ayam
Opor Ayam (net)

Opor Ayam, salah satu masakan wajib di hari Raya umat muslim ini juga bisa diolah di hari-hari biasa di luar hari lebaran. Masakan yang memiliki cita rasa gurih ini diolah dengan menggunakan santan. Uniknya opor ayam mau disantap dengan nasi maupun lontong tetap nikmat.

Demikianlah beberapa masakan sehari-hari khas Nusantara yang nikmat dan mudah dibuat yang bisa dihidangkan untuk menu sehari-hari. Tentu masih banyak masakan-masakan lain yang tak kalah nikmatnya dari masakan-masakan di atas. Jadi, apa masakan favoritmu? Ditunggu komentarnya ya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in

Berita Terkait
Spring rolls.-1674211087
Gyukushi-1673958611