6 Sambal Populer yang Bikin Nambah Makan

Nusantaratv.com - 09/05/2022 16:12

Aneka Sambal (net)
Aneka Sambal (net)

Penulis: Armansyah | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Bagi penggemar makanan pedas, tentu tidak pernah melewatkan sambal saat makan. Meski pedas di mulut, sambal menjadi primadona di meja makan, banyak orang, terlebih pecinta pedas, makan akan kurang nikmati kalau tidak pakai sambal.

Hayo, siapa penggemar makanan pedas. Benar ngga, makan gak komplit rasanya,  kalau belum ada sambal. Yap, Indonesia yang memiliki keanekaragaman budaya dan suku, pasti juga memiliki ragam kuliner yang berbeda-beda.

Begitu juga dengan sambal. Meski setiap daerah memiliki ciri khas sambal, namun 6 sambal yang sudah populer di kalangan masyarakat Indonesia ini, bisa bikin kamu gak berhenti untuk makan.

Sambal memang salah satu penggugah selera makan. Sambal memiliki perpaduan bumbu yang enak, sehingga cocok untuk disantap dengan berbagai menu, seperti ayam, ikan bahkan gorengan.

Cara membuat sambal pun berbeda, ada yang dimasak dan juga ada yang mentah.

Ada 6 sambal yang sudah populer di Indonesia. Sambal ini banyak dicari para penggemarnya. Nah, sambal apa saja kah itu? Kami sudah merangkumnya dari berbagai sumber.
 

Sambal Terasi

1. Sambal Terasi
Sambal terasi menjadi pilihan favorit banyak orang, karena memiliki rasa yang sedap. Apalagi kalau dihidangkan dengan nasi hangat membuat kita tidak bisa menolaknya.

Berikut Resep Sambal Terasi :

Bahan :

  • 5 Cabai keriting
  • 3 Cabai rawit
  • 2 Siung bawang Merah
  • 1 Buah Tomat
  • Terasi (Panggang di atas api)
  • Garam dan Gula secukupnya
  • Jeruk nipis
  • Cobek untuk mengulek

Langkah Membuat:

  • Masukan cabai yang telah dicuci dan dibuang tangkainya ke dalam cobek.
  • Kemudian masukan bawang merah, tomat, serta garam dan gula. Lalu ulek kasar.
  • Lalu masukan bahan yang paling penting, yakni terasi yang sudah dipanggang.
  • Ulek semua bahan secara kasar, jangan sampai halus.
  • Tambahkan perasan air jeruk nipis untuk menambah aroma segar.

Sambal terasi mentah siap disajikan dengan nasi hangat dan berbagai lauk tambahan. Sambal terasi ini bisa dibuat juga dengan tambahan tomat agar memiliki rasa yang enak ala resto.

 

Sambal Petai

2. Sambal Petai

Petai adalah salah satu makanan yang sudah dikenal sejak zaman dahulu kala. Petai ini memiliki ciri khas dengan baunya yang begitu sedap sehingga banyak orang yang menyukai makanan yang satu ini meskipun tidak semuanya. Makanan ini biasanya dapat juga dijadikan sebagai lalap yang dipadukan dengan sambal.

Bahan :

  • 1 papan petai segar yang ukuran besar-besar ( potong sesuai selera )
  • bawang putih 3 siung
  • bawang merah 3 butir
  • 1 sendok terasi
  • gula merah 1 sendok makan
  • cabe merah keriting 25 buah
  • garam 1 sendok teh
  • minyak goreng 1 sendok sayur
  • tomat merah 2 buah
  • penyedap rasa 1/2 sendok teh

Cara Membuat Sambal Petai Pedas :

  • Campurkan semua bahan menjadi satu kecuali petai yang sudah disiapkan
  • Kemudian haluskan bumbu yang sudah dicampur hingga benar-benar halus
  • Panaskan minyak lalu goreng bahan bumbu sambal yang sudah dihaluskan hingga meletup-letup
  • Masukkan juga potongan petai segar yang sudah dikupas kulitnya,
  • Aduk hingga merata dan tunggu sampai matang lalu anda sajikan dalam keluarga anda diatas meja makan
  • sangat mudah dan simpelkan, untuk Resep Cara Membuat Sambal Petai Pedas yang nikmat ini. Anda dapat membuatnya sendiri karena bahan yang digunakan sangat mudah untuk kita dapatkan.

 

Sambal Matah

3. Sambal Matah
Sambal matah adalah sambal yang terbuat dari irisan cabai dan bawang merah, menciptakan aroma yang khas. Tentunya juga dengan campuran jeruk limau yang menambah rasa dan aromanya.

Bahan-bahan:

  • 3 sdm minyak sayur
  • 1 sdt terasi
  • 4 butir bawang merah, iris tipis
  • 2 siung bawang putih, iris tipis
  • 5 buah cabai rawit merah, iris halus
  • 2 lembar daun jeruk purut, iris halus
  • 1 batang serai, ambil bagian yang putih, iris halus
  • 1/2 sdt garam
  • 1 butir jeruk limau, ambil airnya

Cara Membuat Sambal Matah Bali:

  • Panaskan minyak, lalu goreng terasi hingga harum. Angkat biarkan hingga hangat.
  • Kemudian, masukan bawang merah, bawang putih, cabai rawit, dan, serai. Aduk hingga harum.
  • Lalu tambahkan garam dan beri perasan jeruk limau, aduk rata.
  • Sambal matah Bali siap disajikan.

 

4. Sambal Bawang
Sambal bawang menjadi salah satu menu wajib yang ada di meja makan orang Indonesia.

Tanpanya, sesi makan terasa hambar, seperti sayur tanpa garam. Resep sambal bawang pun menjadi favorit banyak orang.

Sambal dengan bahan baku utama bawang dan cabai ini memang punya cita rasa yang membuat makanan jadi tambah nikmat. Cara membuat sambal bawang pun tergolong mudah.

Bahan:

  • 50 gr cabe rawit, campur
  • 20 gr bawang merah
  • 20 gr bawang putih
  • 50 ml minyak goreng
  • Secukupnya garam dan gula

Cara Membuat:

  • Bersihkan Bahan, goreng sebentar
  • Kemudian, uleg.
  • Lalu goreng kembali dengan minyak yang digunakan sebelumnya.
  • Masukkan garam dan gula koreksi rasa lalu siap sajikan resep sambal bawangnya.

 

Sambal Teri

5. Sambal Teri

 

Sambal teri biasanya sangat cocok disajikan dengan nasi hangat. Perpaduan rasa ikan teri yang gurih dengan pedasnya sambal dijamin bikin ketagihan. Menariknya, kamu bisa menyimpan sambal teri sampai beberapa pekan.

Nah, buat kamu yang sedang mencari makanan tahan lama, bisa coba bikin sambal teri. Apalagi, saat kamu sedang traveling yang membutuhkan banyak bekal makanan. 

Bahan-bahan:

  • 200 gram teri kering
  • 2 lembar daun salam
  • 2 ruas lengkuas yang telah dimemarkan 
  • 2 batang serai yang diambil bagian putihnya, lalu dimemarkan


Bahan bumbu halus:

  • 20 biji cabai rawit
  • 8 biji cabai merah
  • 8 biji bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 4 buah tomat merah
  • 2 sendok teh gula pasir
  • garam secukupnya
  • penyedap rasa sesuai selera

Saat tumisan bumbu halus mulai harum, masukkan daun salam, lengkuas, dan serai ke dalamnya. Aduk semua bahan sampai layu.

Tambahkan ikan teri yang telah digoreng dan aduk kembali. Biarkan semua bumbunya tercampur merata. Angkat dan sajikan selagi hangat!

Sambal Ijo

6. Sambal Ijo
Kalau kamu pencinta nasi Padang, pasti udah gak asing lagi sama sambal ijo. Sambal yang satu ini emang menjadi ciri khas yang lekat dengan masakan Padang.

Rasanya yang pedas enak sekaligus nyegerin menjadi daya pikat yang gak bisa dilewatkan.

Sambal cabe ijo khas Padang ini emang punya tempat khusus di hati para penggemarnya. Kayaknya kurang lengkap aja gitu kalau makan nasi Padang tanpa sambal yang nikmat ini.  

Sambal yang satu ini emang paling enak kalau disantap dengan lauk yang menggunakan santan sebagai bahan membuatnya. Rasanya kayak menyatu sempurna gitu. Kayaknya itulah alasan kenapa sambal ijo selalu ada di masakan Padang.

Nah, buat kamu yang terbiasa membuat sambal di rumah, kayaknya sih gak bakal kesulitan untuk membuat sambal yang satu ini.

Soalnya cara membuat sambal ijo Padang terbilang cukup mudah kok. Bahan-bahannya juga ekonomis dan gampang ditemui.

Sambal khas Padang yang enak biasanya memiliki aroma yang gak menyengat. Untuk membuat sambal yang kayak gitu, pastikan kamu menggunakan cabe ijo yang berkualitas.

Selain aroma, cabe ijo yang berkualitas juga akan mempengaruhi cita rasa sambal. Semakin segar cabe ijo maka akan semakin mantap sambalnya. Jadi, pastikan sebelum dieksekusi, bahan-bahannya udah benar-benar bagus.

Bahan-Bahan Sambal Ijo Padang
Sesuai namanya, sambal ini menggunakan bahan-bahan yang berwarna ijo kayak cabe ijo dan tomat ijo. Kedua bahan tersebut menjadi bahan utama dari sambal yang satu ini.

So, tanpa banyak basa-basi lagi, inilah bahan-bahan yang mesti kamu siapkan:

  • 10 buah cabe ijo besar
  • 8 buah cabe rawit ijo (atau sesuai selera)
  • 5 buah cabe ijo keriting
  • 7 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 buah tomat ijo
  • 2 lembar daun jeruk
  • Gula, garam, dan penyedap masakan

Langkah-Langkah Membuat Sambal Ijo Padang
Kunci utama dari sambal yang enak adalah dengan mengolah aneka cabe ijonya. Kalau berbagai cabe ijonya gak diolah dengan baik, maka sambal bisa berpotensi bau langu.

Kalau udah kayak gitu, boro-boro nyicipin, nyium baunya aja udah bikin gak selera. Untuk menghindari hal tersebut, maka perhatikan langkah-langkah berikut ini!

  • Cuci bersih bahan-bahan kayak cabe, bawang, tomat, dan daun jeruk. Setelah itu, tunggu hingga kering.
  • Siapkan panci dan didihkanlah air. Rebus bahan-bahan yang udah dicuci tadi kecuali daun jeruk. Rebusnya sebentar aja sekitar 5 menit. Rebus sampai bahan-bahan tadi menjadi sedikit layu. Kalau udah matikan kompornya.
  • Siapkan cobek dan ulekan. Pindahkan bahan-bahan tadi ke atas cobek. Untuk cabenya, bisa kamu potong atau iris-iris terlebih dahulu. Uleknya kasar aja ya.
  • Setelah bahan-bahan tercampur rata, panaskan minyak dalam penggorengan. Kemudian tumis bahan-bahan yang tadi udah diulek. Jangan lupa masukkan daun jeruk.
  • Tambahkan gula, garam, dan penyedap masakan secukupnya. Kemudian aduk sebentar.
  • Cicipi rasanya terlebih dahulu biar mendapatkan rasa yang diinginkan. Kalau udah pas, aduk lagi hingga matang.
  • Kalau sambalnya udah matang, tunggu hingga sambal menjadi agak dingin. Angkat dan pindahkan sambal ke dalam wadah. Sambal siap dihidangkan.
  • So, itulah resep sambal ijo yang biasa kita temui di masakan Padang. Pastinya enak dan menyegarkan. Jangan lupa siapkan nasi yang banyak. Soalnya kalau gak nambah gak afdal.

Selain cocok dijadikan cocolan berbagai aneka hidangan, sambal ini juga bisa lho kamu jadikan bumbu masak. Masakannya pasti semakin mantap pedasnya.

0

olexandre Avatar
olexandre - 1 minggu
asik nanti bisa dicoba nih

Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in

Berita Terkait
Kerupuk Karak-1653204609
Telur dadar campur buah naga-1653059357
Mie instan pakai kue coklat-1653059095