5 Makanan yang Bisa Perlancar Menstruasi

Nusantaratv.com - 16/03/2022 23:45

Ilustrasi wanita menstruasi/net
Ilustrasi wanita menstruasi/net

Penulis: Syasqia Nabilla | Editor: Alamsyah

Nusantaratv.com - Tidak semua, namun beberapa orang wanita pasti pernah mengalami masa-masa terlambat datang bulan atau haid.

Beberapa orang terkadang mengira, di antaranya terlambat haid sebab sedang dalam masa kehamilan awal.

Sejumlah faktor selain hamil tentu saja bisa jadi penyebab seseorang mengalami kasus terlambat datang bulan.

Di antaranya, seseorang bisa mengalami telat haid akibat gangguan hormon, peningkatan berat badan, stres dan masih banyak lagi lainnya.

Selain memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter, ada beberapa cara yang bisa dicoba agar masa haid Anda kembali lancar yakni salah satunya dengan menjalankan pola hidup sehat dan mengonsumsi sejumlah makanan.

Untuk daftar makanan yang memperlancar haid selengkapnya, yuk intip informasi lengkap berikut di bawah ini.

1. Jahe

Cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan juga bisa dilakukan dengan jahe. Diperkaya vitamin C dan magnesium, jahe terbukti bisa memperlancar menstruasi yang tidak teratur dan meredakan PMS.

Selain itu, manfaat lain dari jahe bisa mengurangi volume darah yang keluar secara berlebihan. Konsumsi jahe maksimal 4 gram karena jika terlalu banyak bisa memicu asam lambung.

2. Makanan yang mengandung vitamin B

Makanan yang kaya akan vitamin B dapat melancarkan haid dan meredakan gejala PMS seperti keram perut, sakit pinggang, nyeri dada, hingga emosi tidak stabil. Diantara makanan yang mengandung vitamin B adalah aneka sayuran hijau seperti asparagus, brokoli, dan bayam.

3. Buah nanas

Nanas mengandung bromelain yaitu enzim yang bisa melembutkan dinding rahim, sehingga aliran darah turun lebih lancar dan membantu siklus menstruasi secara teratur. Manfaat lain dari buah ini juga dapat meningkatkan produksi sel darah merah dan putih yang bisa melancarkan siklus darah dalam tubuh.

4. Buah pepaya

Buah yang terkenal dengan baunya yang khas ini memang terbukti dapat melancarkan menstruasi. Kandungan karoten di dalamnya bermanfaat untuk menjaga hormon estrogen di dalam tubuh. konsumsi pepaya tidak perlu terlalu banyak yang penting dilakukan secara rutin.

5. Kunyit

Kunyit salah satu rimpang yang dikenal turun temurun mampu melancarkan menstruasi sekaligus atasi nyerinya. Meski belum ada penelitian klinis namun laman Insider menulis sebuah penelitian di tahun 2020 yang menyebut kunyit mampu memberikan efek ekstra saat dikonsumsi beberasa saat setelah obat antiinflamasi seperti asam mefenamat.

Ini karena kunyit meningkatkan efek anti-inflamasi NSAID, membuatnya lebih efektif melawan kram menstruasi. Di sisi lain kunyit juga dapat membantu mengendurkan otot dan mencegah kontraksi rahim yang menyakitkan juga merangsang keluarnya mens.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in

Berita Terkait
Spring rolls.-1674211087
Gyukushi-1673958611