Kemenpora Berharap Paskibra Bisa Laksanakan Tugas Dengan Baik

Presiden Jokowi mengukuhkan 68 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2019
Kemenpora Berharap Paskibra Bisa Laksanakan Tugas Dengan Baik
Presiden Joko Widodo Mengukuhkan 68 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2019

Jakarta, Nusantaratv.com - Sesmenpora Gatot S Dewa Broto menghadiri mengukuhkan 68 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2019 oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Kamis (15/8) sore. Pengukuhan ini ditandai dengan penyematan kendit oleh Presiden.

Paskibraka Nasional yang berasal dari 34 provinsi se-Indonesia, akan bertugas dalam Peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019 di Istana Negara pada tanggal 17 Agustus 2019.

Proses pengukuhan diawali dengan dikumandangkannya lagu Indonesia Raya. Dilanjutkan pengucapan Ikrar Paskibraka yang di pandu oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Asrorun Niam. Salah seorang anggota Paskibraka I Dewa Agung Ayu Alamanda Diastari dari Bali dipercaya mewakili anggota lain ketika pengucapan Ikrar. 

Saat pembacaan ikrar tersebut, I Dewa Agung Ayu Alamanda Diastari memegang bendera merah putih. Sedangkan, anggota lainnya mengucapkan ikrar dalam posisi berdiri tegak. Usai pembacaan ikrar, Presiden secara simbolis memasangkan kain di pinggang (penyematan kendit) I Dewa Agung Ayu Alamanda Diastari.

"Pada hari ini, saya mengukuhkan saudara-saudari sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang akan bertugas di Istana Merdeka pada tanggal 17 Agustus 2019. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan rahmat dan kemudahan dalam tugas negara ini," ucap Jokowi.

Sesmenpora pun berharap para anggota  Paskibraka dapat melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggungjawab.

"Dengan pengukuhan ini maka mereka sudah resmi sebagai anggota Paskibraka. Sehingga harapan kami, mereka bisa melaksanakan tugas dengan baik pada saat pengibaran dan penurunan bendara pada tanggal  17 Agustus nanti di Istana Negara, " kata Sesmenpora.

Pengukuhan ini, lanjutnya merupakan tradisi yang wajib dilakukan sejak adanya Paskibraka. Kedua, meraka juga akan termotivasi untuk bertugas dengan baik dan menjaga merwah merah putih dan menjaga NKRI.

"Apalagi seluruh masyarakat Indonesia akan tertuju kepada para Paskibraka saat mengibaran dan penurunan Sang Saka Merah Putih nanti ," ujarnya.

Hadir dalam pengukuhan Paskibraka ini, Ibu Negara Iriana Jokowi, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung.