370 Petugas Haji Daker Makkah Diberangkatkan ke Tanah Suci, Ini Pesan Dirjen PHU

Mereka diterbangkan dengan pesawat Garuda Indonesia GA 980
370 Petugas Haji Daker Makkah Diberangkatkan ke Tanah Suci, Ini Pesan Dirjen PHU
Petugas haji Daker Makkah diberangkatkan ke Arab Saudi. (kemenag.go.id)

Jakarta, Nusantaratv.com - Sekitar 370 petugas haji Indonesia kembali diberangkatkan ke Arab Saudi, pada Selasa (9/7/2019) pagi ini.

"Ini adalah gelombang I petugas Daker Makkah. Mereka akan diterbangkan dengan pesawat Garuda Indonesia GA 980, pukul 11.00 WIB," ujar Khoirizi H. Dasir, Dirbina Haji, sebelum melepas keberangkatan petugas di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur (Jatim), dikutip nusantaratv dari situs resmi Kemenag, Selasa (9/7/2019). 

Petugas yang diberangkatkan terdiri dari 323 orang dari unsur Kemenag dan instansi terkait (masyarat, TNI, Polri), serta 47 orang dari unsur Kemenkes (Kementerian Kesehatan). Mereka akan bertugas di Kantor Daker, 11 sektor yg ada di Makkah, satu sektor khusus Masjidil Haram, serta Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah.

Sebelumnya, pada Senin (08/07) malam, para petugas telah mendapatkan pembekalan akhir dari Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar Ali.

Dalam kesempatan itu, Dirjen PHU menyampaikan empat hal. "Pertama terima kasih kepada teman-teman petugas karena kesediaan membantu negara dalam melayani jamaah haji," tutur Nizar. 

Kedua, ia meminta petugas untuk dapat menjaga kesehatan. "Karena tugas ini terasa berat kalau tidak didukung dengan kesehatan yang prima karena itu jaga kesehatan sebagai prioritas utama," lanjutnya.

"Ketiga jaga hati kalau melayani tanpa menjaga hati tentu akan terjadi komunikasi yang tidak sehat agar emosional, dan seterusnya," tambahnya. 

Keempat, Nizar meminta petugas untuk menjaga nama baik Indonesia dengan cara mempertahankan akhlak yang baik.

"Jaga Indonesia. Kita adalah duta bangsa yang ada di tanah suci, karena itu segala perilaku tindakan, akhlak, harus sesuai dengan perilaku dan tradisi yang berkembang di tanah air," tutup Nizar.