Sondang Tampubolon Harap Pelaku UMKM Perluas Pasar Lewat Ekosistem Digital

Nusantaratv.com - 02 September 2022

Anggota Komisi VI DPR RI Sondang Tampubolon saat hadir dalam Sosialisai Pemasyarakatan E-Commerce Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kota Jakarta Timur (Jaktim), Jumat (2/9/2022). (Adiantoro/NTV)
Anggota Komisi VI DPR RI Sondang Tampubolon saat hadir dalam Sosialisai Pemasyarakatan E-Commerce Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kota Jakarta Timur (Jaktim), Jumat (2/9/2022). (Adiantoro/NTV)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Kemajuan dalam era digital membuat segala sesuatu bisa didapat dalam satu genggaman. Tak hanya itu saja, kemajuan teknologi juga memberikan perubahan signifikan bagi dunia bisnis.

Dengan demikian, mau tidak mau pelaku usaha harus menyesuaikan dengan digitalisasi bisnis yang tidak terbatas pada tempat, ruang maupun waktu. Anggota Komisi VI DPR RI Sondang Tiar Debora Tampubolon meminta pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) fokus memperluas pasar dengan produk yang dihasilkan melalui ekosistem digital.

"Saya mendorong kepada pelaku UMKM untuk masuk ke dalam ekosistem digital. Pertama adalah untuk membangun profesionalisme dari usaha mereka. Dan, kedua yakni akan memperluas pasar dari produk-produk yang mereka hasilkan," ujar Sondang di Harper Hotel, Jatinegara, Jakarta Timur (Jaktim), Jumat (2/9/2022).

Untuk itu, dia mengumpulkan ratusan pelaku UMKM utamanya di wilayah Jakarta Timur guna melakukan sosialisai pemasyarakatan e-commerce. Dan, ajakan ini disambut antusias oleh para pelaku UMKM.

"Jadi saya mengumpulkan ratusan pelaku UMKM, dan mereka menyambut dengan baik kegiatan sosialisasi ini. Sebagian besar dari mereka belum masuk ke dalam sistem digitalisasi. Jadi ini yang akan saya dorong terus agar mereka memasarkan produknya melalui e-commerce," lanjutnya.

Selain itu, kata Sondang, dengan ekosistem digital ini maka para pelaku UMKM bisa memiliki pasar yang baru. "Mungkin yang tadinya lingkupnya hanya kecamatan, kotamadya, atau kabupaten, tapi dengan e-commerce ini bisa menjangkau seluruh provinsi di Indonesia," tukas Sondang.

Hal senada diungkapkan Analisis Kebijakan Ahli Madya bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro Kemenkop Koperasi dan UKM, Siti Fauziah. Dia mengatakan pemerintah sangat mendukung dan berharap para pelaku UMKM agar segera memanfaatkan ekosistem digital.

"Dengan perkembangan dan kemajuan zaman membuat pelaku UMKM harus dituntut untuk melakukan transformasi digital. Apalagi pemerintah saat ini sangat concern ke arah digital," tukas Siti Fauziah.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])