Konflik Rusia Vs Ukraina Reda, Rupiah Berjaya Rp14.256 per dolar AS

Nusantaratv.com - 16 Februari 2022

Mata uang dolar AS dan rupiah/ist
Mata uang dolar AS dan rupiah/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Tren positif nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berlanjut. Hari ini, Rabu (16/2/2022) nilai tukar rupiah berada di level  Rp14.256 per dolar AS di perdagangan pasar spot.

Mata uang RI ini  43,5 poin atau naik 0,30 persen dari sebelumnya Selasa (15/2/2022), yakni Rp14.278 per dolar AS.

Hal yang sama terjadi pada kurs referensi Bank Indonesia (BI) Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) yang menempatkan rupiah di posisi Rp14.278 per dolar AS. Angka ini menguat dari posisi kemarin Rp14.292 per dolar AS.

Menurut Analis sekaligus Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi penguatan nilai tukar rupiah salah satunya disebabkan oleh aksi pemerintah Rusia yang diklaim telah menarik pasukan militernya di perbatasan Ukraina.

Baca juga: RI tak lagi Tergantung pada Dolar AS, Gunakan LCS Berbasis Mata Uang Lokal untuk Transaksi Internasional

"Kementerian Pertahanan Rusia menerbitkan rekaman yang menunjukkan pihaknya menarik beberapa pasukan dari perbatasan dengan Ukraina setelah latihan. Sementara Ukraina melaporkan serangan siber pada jaringan online kementerian pertahanan dan dua bank hanya beberapa jam setelah pengumuman Rusia," kata Ibrahim, Rabu (16/2).

Sementara dari dalam negeri, kata Ibrahim, ekonomi Tanah Air pulih lebih cepat dari yang diperkirakan, sehingga mendorong nilai tukar rupiah menguat.

"Indonesia berhasil pulih lebih cepat dari yang diperkirakan atas pandemi Covid-19. Bahkan, dibandingkan dengan krisis moneter yang melanda pada 1997-1998," katanya, mengutip CNNIndonesiacom.

Sementara itu, mayoritas mata uang lainnya di Asia juga menguat terhadap dolar AS. Dolar Singapura menguat 0,15 persen, won Korea Selatan naik 0,19 persen, peso Filipina menguat 0,18 persen, rupee India naik 0,44 persen, yuan China menguat 0,07 persen, dan baht Thailand naik 0,13 persen. 

Tercatat hanya yen Jepang yang melemah 0,14 persen. Sementara dolar Hong Kong dan ringgit Malaysia stagnan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])

x|close