Kembali Molor! LRT Jabodebek Beroperasi 17 Agustus 2022

Nusantaratv.com - 12/01/2022 07:22

LRT Jabodebek. (INKA)
LRT Jabodebek. (INKA)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Target operasi kereta LRT Jabodebek untuk masyarakat umum kembali molor lagi. Untuk target terbaru, PT INKA (Persero) menyebut LRT Jabodebek akan beroperasi pada 17 Agustus 2022.

Senior Manager PKBL, CSR & Stakeholder Relationship PT INKA, Bambang Ramadhiarto, menjelaskan sebelum beroperasi secara umum, uji coba akan dilakukan pada Februari 2022.

"Saat ini kami sedang memindahkan kereta dari Harjamukti ke Bekasi, uji coba baru akan dilaksanakan awal Februari 2022 dan kereta untuk publik rencana 17 Agustus 2022," ujarnya, Selasa (11/1/2022).

Saat ini prasarana dan sarana dari LRT Jabodebek disebut sudah lulus uji. Sementara, mengenai penyediaan sarana tiket akan dilakukan oleh PT KAI (Persero). 

"Untuk publik pertama mungkin KAI punya istilah khusus, untuk sistem pertiketan mereka, misal di awal namanya uji operasi. Tetapi prasarana (rel) dan sarananya (LRT) nya sudah harus lulus uji," kata dia, dikutip dari Detik.com.

Untuk diketahui, target terbaru operasi LRT Jabodebek ini sudah molor beberapa kali. Dalam catatan detikcom, awalnya ditargetkan beroperasi di akhir 2021, namun mundur ke pertengahan 2022. Hal ini diungkapkan oleh PT Adhi Karya pada 2020 lalu.

Kala itu, Direktur Utama Adhi Karya Entus Asnawi Mukhson menyebut masalah yang ditemukan yakni pembebasan lahan yang lambat jadi faktor utama molornya operasi LRT Jabodebek.

"Memang, dibandingkan rencana awal ada kemunduran akibat pembebasan tanah dan penetapan lokasi, di lokasi ini nih (Dukuh Atas)," ujar Entus dalam peresmian pengecoran longspan Dukuh Atas yang disiarkan melalui YouTube, Rabu (11/11/2020).

Kemudian, pada Juni 2021 lalu Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap rencana uji coba akan dilakukan April 2022 dan mulai beroperasi pada Juni 2022. Hal itu dia katakan saat meninjau dan menjajal LRT Jabodebek di Stasiun LRT TMII.

"Saya berkunjung untuk melihat progres pembangunan LRT Jabodebek. Sudah selesai kurang lebih 84,7% progres pembangunannya. Dan kita harapkan di bulan April 2022 sudah mulai trail uji coba, kita mulai operasional Juni 2022," tuturnya, di Stasiun LRT TMII, Rabu (9/6/2021).

Kini yang terbaru target mundur lagi, PT INKA (Persero) dan PT Adhi Karya (Persero) mengungkap operasi LRT Jabodebek untuk masyarakat akan dilakukan pada 17 Agustus 2022.

Belum diketahui pasti apa penyebab molornya target ini. Dalam proses pembangunan, LRT Jabodebek sendiri pernah mengalami tabrakan di 25 Oktober 2021 lalu. Kecelakaan terjadi pada pukul 13.00 WIB.

Peristiwa tumburan LRT Jabodebek terjadi setelah kereta selesai menjalani pengujian. Tumburan tersebut melibatkan 2 rangkaian kereta LRT Jabodebek di antara petak stasiun Harjamukti - stasiun Ciracas jalur LRT Jabodebek.

Kejadian ini pun memakan korban, satu orang masinis yang menguji coba kereta LRT mendapatkan luka berat dan dilarikan ke rumah sakit.

Imbas kecelakaan tersebut, dua kereta yang tumburan diangkut dan dikembalikan oleh PT INKA sebagai penyedia LRT ke pabriknya di Madiun. Rencananya dua rangkaian akan kembali ke Jakarta pada Maret 2022.

Dua rangkaian kereta itu tidak diganti, melainkan hanya diperbaiki pada komponen yang rusak. Sayangnya, PT INKA tidak menjelaskan secara rinci kerusakan apa yang terjadi pada dua rangkaian kereta LRT itu.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in

Berita Terkait
Tumpukan gas LPG 3 kilogram-1642585096
Ilustrasi pengisian BBM jenis Premium di SPBU-1642574659