Investor Happy, Rupiah Menguat Rp15.481 per dolar AS pada Rabu (11/1/2023)  

Nusantaratv.com - 11 Januari 2023

Mata uang rupiah dan dolar AS/ist
Mata uang rupiah dan dolar AS/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Nilai tukar rupiah menguat 94 poin atau 0,60 persen dan berada di level Rp15.481 per dolar AS pada Rabu (11/1) sore.

Sementara, kurs referensi Bank Indonesia (BI), Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) menempatkan rupiah di posisi Rp15.527 per dolar AS.

Analis DCFX Lukman Leong mengatakan penguatan rupiah yang cukup tajam pada penutupan sore ini sangat mengejutkan di tengah mata uang negara lainnya yang datar.

Apalagi, jika mencermati sentimennya tidak positif bagi rupiah. Pasalnya, sekarang investor cenderung wait and see menunggu data inflasi Desember AS.

Karenanya, ia menilai bahwa data perekonomian dalam negeri yang dirilis pekan lalu menjadi faktor pendorong penguatan rupiah.

"Adapun euphoria penguatan tajam ini adalah respons investor pada data ekonomi baru-baru ini," ujar Lukman Leong, mengutip CNNIndonesiacom.

Data yang ia maksud adalah indeks kepercayaan konsumen dan cadangan devisa yang lebih tinggi dari perkiraan.

Sementara  mata uang di kawasan Asia terpantau bergerak bervariasi. Yen Jepang melemah 0,29 persen, baht Thailand menguat 0,12 persen, peso Filipina naik 0,15 persen, won Korea Selatan turun 0,13 persen, dan yuan China menguat 0,04 persen.

Dolar Singapura melemah 0,01 persen dan dolar Hong Kong turun 0,05 persen pada penutupan perdagangan sore ini.

Senada, mata uang utama negara maju juga bergerak bervariasi. Tercatat euro Eropa menguat 0,04 persen, poundsterling Inggris melemah 0,06 persen, dan franc Swiss menguat 0,03 persen.

Lalu, dolar Australia naik 0,10 persen, dan dolar Kanada melemah 0,06 persen.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])