Gara-gara Harganya Terjun Bebas, Token Kripto Terra LUNA Dihapus Indodax

Nusantaratv.com - 14/05/2022 10:40

Ilustrasi mata uang kripto/ist
Ilustrasi mata uang kripto/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Token kripto Terra LUNA resmi dihapus dari market Indodax oleh PT Indodax Nasional Indonesia. Sebelumnya Indodax memang telah mengumumkan bahwa Terra LUNA akan didelisting atau dihapus dari market Indodax.

Dari pantauan, Jumat (13/5/2022) malam, di market Indodax aset kripto Terra dengan kode dagang LUNA telah dihapus.

"LUNA is delisted (dihapus)," tulis market Indodax.

Sebelum memutuskan menghapus Terra LUNA, Indodax masih melakukan open market terhadap koin LUNA. Investor sempat masih bisa melakukan perdagangan LUNA.

Akan tetapi, dalam pernyataan perusahaan, transaksi perdagangan LUNA akan langsung dihentikan apabila harga kripto tersebut mencapai Rp 10.

Kemudian, Indodax memberikan notifikasi dari aplikasinya bahwa Terra LUNA akan dideslisting dari market Indodax mulai 13 Mei 2022 pukul 20.00.

"LUNA akan di-delisting dari market Indodax mulai 13 Mei 2022 pukul 20.00 WIB," tulis notifikasi dari Indodax sekitar pukul 19.32 WIB, mengutip detikcom.

Token tersebut dihapus oleh Indodax buntut dari terjunnya harga Terra Luna sampai saat ini.

Baca juga: Harga Kripto 'Babak-Belur' Terra Luna Anjlok 99,36% ke Rp106!

Sebagai informasi, harga Terra LUNA telah terjun bebas dari level tertingginya pada April lalu. Pada 5 April 2022, harga Terra LUNA sebesar US$ 119,18 atau setara Rp1,7 juta per koin.

Namun, mengutip CoinMarketCap, hari ini pukul 15.37 WIB, Terra LUNA dihargai US$ 0,00003894 per koin atau setara Rp 0,56 rupiah. Dalam 24 jam terakhir harga Terra LUNA sudah turun 99,97%. Penurunan ini membuat kapitalisasi pasar turun menjadi US$ 254 juta.

Dalam sebulan terakhir Terra LUNA telah kehilangan kapitalisasi pasar sebesar US$ 39,7 miliar atau setara Rp 576,31 triliun (asumsi kurs Rp 14.500). 

Terra LUNA merupakan aset kripto 'Terra' dengan kode perdagangan LUNA. Terra LUNA dikembangkan oleh Terraform Labs di Korea Selatan.

Kripto milik Do Kwon itu punya ambisi untuk menjadi platform dengan menciptakan stablecoin, yang dikaitkan dengan uang resmi yang diterbitkan oleh bank sentral dengan harga US$ 0,8 per koin.

Anjloknya harga token kripto Terra LUNA disebabkan harga stablecoin Terra USD (UST) yang sedang menyusut. Karena, Terra LUNA dan UST itu saling berkaitan.

Untuk diketahui, dilansir dari Business Today, UST adalah stablecoin algoritmik, karena menggunakan sistem pencetakan dan pembakaran token yang kompleks untuk menyesuaikan pasokan dan menstabilkan harga. Jadi, keberhasilan Terra itu didasarkan pada adopsi UST sebagai stablecoin.

Terra LUNA berinvestasi di UST dan saat ini kehilangan uang karena permintaan UST meningkat.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in