Kamu Tau 8 Fakta Penting Tentang Kota Suci Yerusalem? Baca ini!

Kamu Tau 8 Fakta Penting Tentang Kota Suci Yerusalem? Baca ini!
Sumber gambar dari nationalgeographic.co.id

Jakarta, Nusantaratv.com - Beberapa waktu yang lalu publik internasional sempat dikejutkan oleh pernyataan presiden Amerika Serikat, Donald Trump, perihal pengakuan Yerusalem sebagai ibukota baru Israel. Yerusalem sendiri adalah salah satu kota tertua di dunia dan berada persis disekitaran Palestina dan Israel, sementara diketahui kedua negara ini masih terlibat konflik. Yerusalem adalah kota suci bagi 3 agama di dunia baik itu Islam, Yahudi, maupun Kristen. Lantas, seistimewa apakah kota Yerusalem ini.

Dilansir dari internasional.kompas.com (2017/12/09) dan beberapa media lainya, berikut ialah 8 fakta penting dari kota suci Yerusalem. Fakta Apa saja? Simakfakta berikut ini.

1. Kota Yerusalem Terbelah

Fakta pertama menyebutkan jika kota Yerusalem ini terbelah, maksudnya ialah kota ini terbagi atas wilayah Israel di sebelah barat dan disebelah timur milik Yordania. Pasca berakhirnya Perang Dunia II, Inggris telah mengembalikan mandat Palestina kepada PBB, dimana kemudian membaginya menjadi dua negara.

Tujuan pembagian tersebut ialah untuk membentuk negara baru bagi kaum Yahudi yang selamat dari peristiwa Holocaust di Eropa. Sejumlah negara Arab pun bersatu untuk memerangi Israel dan menguasai sebagian dari wilayah Yerusalem.

2. Kekaisaran Ottoman dan pendudukan Inggris

Fakta kedua ialah, sejarah mencatat jika Yerusalem ialah bekas wilayah Kekaisaran Ottoman dan Inggris. Kekaisaran Ottoman mendeklarasikan Yerusalem sebagai wilayah hukumnya pada tahun 1535.

Namun, pada tahun 1917 Inggris berhasil menaklukan Kekaisaran Ottoman pada Perang Dunia I. Akibatnya, wilayah Palestina berhasil diduduki Inggris dan kota Yerusalem pun jatuh di tangan koloni.

3. Terjadinya Perang Salib

Fakta ketiga ialah Perang Salib, sekitar tahun 1070 M Kekalifahan Seljuq terus memperbesar ekspasinya. Dan kala itu, kaum Kristen pun merasa terancam nasibnya. Paus Urban II akhirnya mencanangkan Perang Salib.

Pada tahun 1244 pasukan Kristen takluk oleh tentara Muslim yang kembali menguasai Yerusalem. Setidaknya dalam kurun waktu 200 tahun ada lima kali perang terjadi hanya untuk memperebutkan Yerusalem.

4. Diduduki Babilonia dan Persia

Fakta keempat ialah menyatakan jika kota Yerusalem pernah dua kali dikuasai oleh Raja Babilonia II tepatnya pada tahun 597 dan 586 SM. Ia mengurung Raja Jehoiakim dan kaum elite Yahudi ke dalam penjara, kemudian ia menghancurkan kenisah mereka.

Setelah itu pada sekitar tahun 540 Raja Sirius Agung dari Persia pun berhasil menumbangkan Babilonia dan membebaskan kaum Yahudi dari tekanan.

5. Kotanya Nabi Daud

Fakta kelima menyatakan jika Raja Daud dari dua kerajaan Judea dan Israel berhasil merebut kota Yerusalem dari tangan bangsa Jebusit pada era tahun 1.000 SM. Raja Daud memusatkan kota itu sebagai pusat kerajaan dan agama.

Selanjutnya, Raja Sulaiman, putra Raja Daud, membangun kenisah Yahweh untuk pertama kalinya di Yerusalem sekaligus menjadikan kota tersebut menjadi pusat keagamaan Yahudi.

6. Yerusalem Timur Diakuisisi oleh Israel

Fakta keenam menyebut jika wilayah Yerusalem bagian Timur telah diakuisisi oleh bangsa Israel. Tahun 1967 terjadi perang 6 hari, antara Israel melawan aliansi Mesir, Yordania dan Suriah dan Israel berhasil menang.

Israel pun berhasil menduduki wilayahJalur Gaza, Sinai, Tepi Barat Yordan, serta Dataran Tinggi Golan dan bagian timur Yerusalem. Israel menyebut sepihak, mereka tidak menguasai Yerusalem timur, melainkan mengintegrasikan administratifnya.

7. Umat Muslim bisa Berziarah ke Yerusalem

Fakta ketujuh menyatakan jika umat muslim masih tetap bisa berziarah ke Yerusalem, diketahui bangsa Israel tidak menutup akses bagi umat Muslim untuk hadur ke tempat suci mereka. Umat Islam diizinkan untuk berziarah ke Masjid Al Aqsa, Bukit Zaitun, dan Kubah Shakrah.

8. Sengketa Wilayah terus Berlanjut

Fakta kedelapan atau yang terakhir ialah mengenai sengketa wilayah Yerusalem ini yang masih terus berlanjut dan memanas, hingga saat ini Yerusalem tetap menjadi hambatan terbesar mengenai perdamaian antara Palestina dan Israel.

Pada 1980 Israel mendeklarasikan bahwa kota Yerusalem ialah wilayah sah mereka. Setelahnya pada tahun 1988 Palestina memproklamasikan juga jika Yerusalem adalah ibukota negara mereka.

Nah, itulah 8 Fakta Penting tentang kota suci Yerusalem yang akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat dunia onternasional. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang membaca.