Ini, Cara Bedakan Kampas Rem Ori dan KW

Ini, Cara Bedakan Kampas Rem Ori dan KW
Kampas rem, komponen penting pada kendaraan./wow.otomotif.blogspot.com

Jakarta, Nusantaratv.com - Rem merupakan salah satu bagian dari sepeda motor kita yang paling penting, sehingga kondisinya harus selalu fit, salah satu cara menjaga rem selalu dalam kondisi prima adalah dengan menggunakan kampas rem yang asli.

Melihat fungsinya, kondisi rem harus selalu prima. Selain bisa menghindarkan pengendara dari tabrakan, rem juga menjadi pelindung pertama dalam keadaan genting di jalan.

Saat ini banyak sekali kampas rem palsu beredar di pasar yang ditawarkan dengan harga murah. Kampas rem palsu ini berpotensi buruk bagi pengendara dan motornya yang malah bisa mengakibatkan kita terlibat kecelakaan.

Rem KW ini akan cepat aus atau malah menimbulkan sejumlah masalah. Seperti contohnya merusak disc brake, dan membuat pengereman tidak pakem.

Berkaca dari hal tersebut, tentu menjadi sebuah hal meyedihkan kalau sampai kita alami insiden di jalanan lantaran rem abal-abal.

Berikut ini adalah empat cara untuk membedakan kampas rem asli dan palsu, dikutip dari Wahana Honda, Senin 24 Juni 2019.


Melihat Kemasan yang Membungkus Kampas Rem

Seperti halnya membedakan oli imitasi dan asli, dalam kasus mencari kampas rem yang ori, melihat kemasan pembungkusnya juga bisa menjadi salah satu cara. Ketika kamu melihat pembungkus, perhatian hologram yang menempel di benda kemasannya.

Barang yang asli akan menunjukkan hologram penyedia sparepart, sedangkan yang palsu tidak akan menunjukkan logo sebuah pabrikannya.


Teliti Tekstur Kampas Rem Agar Tak Salah Beli

Selain itu, ada juga trik lain yang bisa digunakan sebagai pegangan untuk membedakan kampas rem asli dan palsu dengan melihat detail teksurnya. Kalau meraba benda tersebut, lalu mendapatkan bentuknya yang padat, itu adalah kampas rem asli.

Kalau yang palsu, teksturnya rapuh. Kualitas ini menjadi biang keladi mengapa kampas rem tidak berusia lama.

Cara sama dengan tadi, yakni diraba. Apabila kalian mendapati bahan pembentuknnya berupa non-asbestos yang ramah lingkungan, maka kamu patut bersyukur karena itu adalah asli.


Tak Punya Kode Produksi

Lebih jauh tentang membedakan kampas rem yang tipu-tipu dan ori, dalam menentukannya, kalian juga bisa mencermati identitas yang ada di bagian ini. Pada umumnya, kampas rem yang dibuat oleh pabrikan resmi akan disematkan sebuah kode produksi. Biasanya berupa angka semua atau kombinasi angka dan huruf.

Apabila kamu mendapatkan kampas rem tapi hal tersebut tidak ada siap-siap segera minta ganti. Selain itu KW, juga ke depan bakal membuat usianya tidak bertahan lama setelah dipasang di kendaraanmu.


Jangan Tergiur Harga Murah

Bukan jadi rahasia lagi, perbandingan harga antara kampas rem asli dengan yang palsu sangat mencolok. Kalau diibaratkan, layaknya bumi dan langit.

Kalau harga jual sparepart tersebut yang masuk kategori ori, harganya mahal, sedangkan yang palsu lebih murah.(dream.co.id)