7 Kota Kuno Yang Ada Di Dasar Laut

7 Kota Kuno Yang Ada Di Dasar Laut
Kota Alexandria Cleopatra, Mesir yang tenggelam./anehdunia.com

Nusantaratv.com - Bumi telah tercipta dalam kurun waktu yang sangat lama. Peradaban manusia juga terhitung sudah mencapai usia yang sangat panjang, pada ribuan tahun lalu, bahkan sebelum masehi.

Ada banyak misteri di masa lalu yang hingga kini belum terungkap, termasuk beberapa kota kuno yang saat ini tenggelam di dasar laut. Berdasarkan pada perhitungan para ahli sejarah dan ilmuwan, kota-kota kuno tersebut tenggelam karena terkena bencana alam seperti, banjir yang sangat besar, gempa bumi, tsunami dan bencana alam lainnya.

Namun ada juga kepercayaan dan kisah-kisah kuno jika kota-kota itu telah dikutuk, sehingga mendapat bencana yang amat besar dan kini tenggelam di dasar laut.

Berikut 7 kota kuno yang berada di dasar laut dan masih menyimpan misteri :

1). Kota Alexandria Cleopatra, Mesir

Kota ini tadinya merupakan kekuasaan dari kerajaan Mesir Kuno yang dipimpin oleh Cleoparta, menurut kabar kota ini telah hilang selama 1.600 tahun lalu. Tadinya banyak orang yang mengira cerita tentang kota ini cuman sekedar legenda semata. Namun, sebuah tim arkeolog menemukan reruntuhan sebuah kota kuno yang tidak jauh dari lepas pantai Alexandria modern pada tahun 1998. Di sana ditemukan semacam monumen-monumen besar dan para ahli kini sedang melakukan penelitian lanjutan pada temuan ini.

Para ahli berpendapat jika kota yang mereka temukan ini kemungkinan besar tenggelam dikarenakan bencana gempa bumi. Beberapa benda yang ditemukan disana adalah patung sphinx, berbagai jenis patung, bangunan kuil, dan beberapa bagian istana yang diprediksi adalah milik Cleoparta.

Bahkan ditemukan juga patung Cleopatra, jenderal Marc Antony dan juga patung keluarga lainnya.


2). Kota Pavlopetri, Yunani

Yunani merupakan salah satu negara yang memiliki kebudayaan paling lama yang sangat dikenal. Beberapa kota di Yunani kuno dikabarkan tenggelam dan hilang, salah satunya adalah kota Pavlopetri. Setelah diperkirakan tenggelam pada tahun 1000 sebelum masehi, kota Pavlopetri kini ditemukan di bawah laut pada tahun 1967.

Tim arkeologi laut menemukan sebuah situs kuno di dasar laut sekitar lepas pantai Yunani. Reruntuhan yang mereka temukan memang tidak lengkap, namun tampak jelas jika stuktur bangunan tersebut adalah membentuk sebuah kota buatan manusia. Diperkirakan reruntuhan itu adalah kota Pavlopetri. Pada reruntuhan itu ditemukan jalan, arsitektur bangunan, dan makam.


3). Kota Port Royal, Jamaika

Jika Anda bertanya, Kota paling jahat dan berdosa di seluruh dunia, jawabannya adalah kota Port Royal. Dulu, massa kejayaan kota ini saat ada pada masa bajak laut.

Digambarkan jika Port Royal terkenal dengan minuman keras, pelacuran dan hiburan malamnya. Di kota inilah para bajak laut bersenang-senang.

Kisah kuno mengatakan jika kota ini mengalami gempa yang hebat pada bulan Juni 1692 dan membuatnya tenggelam. Sebanyak 2.000 orang diperkirakan menjadi korban.

Reputasi buruk kota Port Royal membuat banyak orang berpendapat jika itu semua adalah hukuman Tuhan atas dosa-dosa yang telah mereka lakukan di sana.

Di masa modern, para tim arkeolog berhasil menemukan sisa dari kota ini. Sayangnya, pencarian mereka sedikit terhambat karena tertutup oleh tanah yang tebal.

Setelah dilakukan penyelidikan lebih mendalam, ada banyak barang ditemukan dalam kondisi utuh. Bukti jika kota ini pernah hidup dan ada pada kehidupan sebelumnya.


4). Kota Dwarka, India

Kota Dwarka digambarkan sebagai kota kuno yang dibangun di tepi sungai Gomati. Dikisahkan pula, jika Dewa Krishna yang membangun kota indah dan megah dengan terdapat 70.000 istana yang terbuat dari emas, perak dan logam mulia, namun sayangnya kota itu tenggelam ke dalam laut. Cerita itu dikisahkan dalam kitab Mahabharata dan kitab Purana, walau banyak orang yang menganggap cerita tersebut tidak lebih dari kisah lama dan hanya legenda semata.

Hingga pada tahun 2000, tim arkeolog menemukan reruntuhan besar di daerah Cambay. Reruntuhan tersebut menggambarkan sebuah struktur kota. Terdapat salah satu artefak yang berhasil ditemukan oleh para ilmuwan, menunjukkan tanggal yang tertulis adalah sekitar tahun 7500 sebelum masehi. Belum diketahui pasti, namun diperkirakan jika reruntuhan itu adalah kota Dwarka kuno.


5). Piramida Yonaguni-Jima, Jepang

Ternyata piramida terdapat di seluruh dunia, tidak hanya di Mesir saja, buktinya tim arkeolog menemukan piramida yang tenggelam di dasar laut, tepatnya di lepas pantai Kepulauan Ryukyu, Jepang. Para ahli masih belum dapat memastikan jika temuan mereka ini adalah Piramida Yonaguni-Jima. Namun jika dilihat dari batu yang bertingkat dan membentuk formasi segitiga, sulit membayangkan jika itu adalah bentukan alami.

Lokasi penemuan ini cukup sulit, karena arusnya sangat deras dan terdapat banyak hiu martil. Para penyelam percaya jika mereka menemukan jejak gambar dan tanda lain bahwa bangunan tersebut adalah murni buatan manusia.

Jika struktur itu memang benar buatan manusia, kemungkinan besar telah dibangun sekitar zaman es, yaitu tahun 10.000 sebelum masehi.

Lamanya perkiraan tahun itu membuat pusing para ahli, karena ada kemungkinan juga jika bangunan itu terbentuk karena gempa bumi atau juga dari patahan dasar laut.


6). Desa Yang Hilang, Kanada

Penemuan reruntuhan besar biasanya dikaitkan dengan sisa dari peradaban kuno, baik itu ditemukan di darat maupun yang di dalam laut. Beberapa tahun lalu ditemukan sebuah reruntuhan besar di bawah sungai Saint Lawrence, Ontario, Kanada.

Temuan ini sudah ada sejak tahun 1958, dengan adanya beberapa reruntuhan yang ditemukan, maka para ahli mengambil sebuah kesimpulan jika rerentuhan tersebut adalah desa yang sudah lama hilang, sehingga diberi nama Lost Villages of Ontario.

Para ahli menemukan jika di reruntuhan tersebut ada beberapa struktur kota kecil, misalnya adanya trotoar dan pondasi-pondasi bangunan.


7). Kota Singa, China

Anda pasti tidak heran mengapa kota ini bisa disebut sebagai Kota Singa atau Lion City, karena pada bangunan ini banyak sekali patung singa di sepanjang reruntuhan kota yang ditemukan di bawah danau Quiandao.

Bisa dikatakan jika reruntuhan ini adalah yang paling spektakuler di dunia, setidaknya setelah kota kota kuno seperti Alexandria yang ada di Mesir. Kota ini bahkan dijuluki sebagai Atlantisnya Negara China.

ds

Setelah diperkirakan kota ini tenggelam selama 53 tahun, akhirnya kota ini kembali ditemukan. Diperkirakan jika kota Singa telah dibangun sekitar 1.300 tahun yang lalu.

Kota kuno ini terletak di kaki gunung dan tenggelam ketika dibangun sebuah bendungan. Jika dihitung, maka luas kota ini adalah 62 kali lapangan sepakbola. Reruntuhan dari kota ini masih terjaga dengan baik dengan bagian-bagian yang masih utuh.(anehunik69.blogspot.com)