RUU Tentang Pensiun di Brasil Menang dengan Margin di Majelis Rendah

RUU Tentang Pensiun di Brasil Menang dengan  Margin di Majelis Rendah
Presiden Brasil, Jair Bolsonaro (JoSS.co.id)

Brasil, Nusantaratv.com -Majelis rendah Kongres Brazil menyetujui perombakan penting sistem Rencana Undang-Undang (RUU) pensiun negara itu pada hari Rabu (10/7/19) dengan margin yang jauh lebih luas dari yang diperkirakan, memberikan kemenangan gemilang kepada pemerintah dalam upayanya untuk menghidupkan kembali keuangan publik. 

 Ketua DPR Rodrigo Maia mengatakan dia berharap RUU yang lengkap dapat dimasukkan ke pemungutan suara kedua terakhir pada hari Jumat atau Sabtu pagi.

 Itu akan memungkinkan Senat untuk mengambil debat pada Agustus setelah reses dua minggu.

 Reformasi pensiun adalah landasan agenda ekonomi sayap kanan Presiden Jair Bolsonaro, yang bertujuan untuk menyelamatkan dompet publik sekitar 1 triliun reais ($ 263 miliar) selama dekade berikutnya ketika ia mencoba untuk menutup kesenjangan anggaran besar-besaran.

 Pemungutan suara Rabu diikuti berbulan-bulan drama politik yang sengit, dengan Bolsonaro menarik api dari kedua anggota parlemen kiri menentang pemotongan jaminan sosial dan dari para pendukung RUU yang menyalahkan dia karena memperlambat kemajuan proposal kontroversial.

 "Brasil semakin dekat untuk mendapatkan jalan menuju pekerjaan dan kemakmuran," kata Bolsonaro di Twitter, memberi selamat kepada Maia setelah pemungutan suara.

 Ketika dia mengumumkan penghitungan suara, Maia mengatakan sudah waktunya bagi Kongres untuk mengambil peran yang lebih sentral dalam memerintah negara, setelah apa yang disebutnya sebagai erosi kekuasaan selama tiga dekade demi cabang eksekutif.

 "Tugas kita adalah untuk mengambil kembali kekuatan majelis rendah dan Kongres," kata Maia.

 "Dengan mengambil kembali kekuatan majelis rendah, kami memperkuat demokrasi kami."

 Dia membela sekutu-sekutunya dalam koalisi 'Centrao', yang dituduh Bolsonaro mengabadikan politik transaksional sekolah tua. 

"Seringkali para pemimpin partai kita tidak dihormati," kata Maia pada pleno yang penuh sesak itu. 

 Pasar Brasil telah bertaruh besar pada hari Rabu bahwa RUU itu akan berlalu, meskipun sedikit yang memproyeksikan margin yang begitu luas. Benchmark indeks saham Bovespa Brasil ditutup 1,23% lebih tinggi, mengurangi keuntungan setelah mencapai tertinggi sepanjang masa 106,650 poin. 

Mata uang negara itu, yang sesungguhnya, mencapai 3,7585 terhadap dolar AS, level terkuat sejak Februari. Kementerian Ekonomi mengatakan pertumbuhan Brasil dan prospek inflasi untuk tahun-tahun mendatang akan bergantung pada penutupan kesenjangan anggaran yang sangat besar yang diciptakan oleh sistem pensiun negara yang murah hati.

 Tetapi perubahan itu kontroversial. Meningkatkan usia pensiun, meningkatkan kontribusi pensiun pekerja, dan mengurangi manfaat pensiun beberapa pekerja telah memicu oposisi yang kuat, meskipun sebagian besar anggota parlemen telah datang dengan gagasan bahwa masalah defisit harus ditangani.

 

 

Sumber : Reuters

Terjemahan : (NTV/Cal)