Pentagon Akan Kirim Sejumlah Pasukan Lagi ke Perbatasan Meksiko

Pentagon Akan Kirim Sejumlah Pasukan Lagi ke Perbatasan Meksiko
Bendera Amerika Serikat (Transparency internasional)

Pentagon, Nusantaratv.com -Pentagon mengatakan pada hari Rabu (17/7/19) bahwa pihaknya akan mengirim tambahan 1.000 Garda Nasional Texas dan 1.100 pasukan aktif ke perbatasan dengan Meksiko, penyebaran terbaru dalam mendukung penumpasan imigrasi Presiden Donald Trump. 

Melansir Reuters, Mayor Chris Mitchell, juru bicara Pentagon, mengatakan bahwa penjabat Sekretaris Pertahanan Richard Spencer telah menyetujui pasukan tambahan pada Selasa malam, dan mereka akan membantu tugas-tugas seperti dukungan logistik dan pengawasan udara.

 Saat ini ada sekitar 4.500 tugas aktif dan pasukan Garda Nasional di perbatasan dengan Meksiko. 

 Pentagon pertama kali menyetujui penyebaran pasukan aktif AS ke perbatasan Meksiko pada Oktober, sebelum pemilihan kongres November.

 Langkah ini dianut oleh pendukung Trump, termasuk sesama Republikan di Kongres. Kritik menyebut penyebaran itu aksi politik. Trump telah menjadikan imigrasi sebagai masalah penandatanganan kepresidenannya. 

Dia menyatakan darurat nasional atas masalah awal tahun ini dalam upaya untuk mengarahkan kembali dana dari Kongres untuk membangun tembok di sepanjang perbatasan selatan AS.

 Pemerintahan Trump pada hari Senin meluncurkan aturan baru untuk melarang hampir semua imigran dari mengajukan suaka di perbatasan selatan, mengharuskan mereka untuk pertama mencari tempat yang aman di negara ketiga di mana mereka telah melakukan perjalanan dalam perjalanan ke Amerika Serikat. 

Bulan lalu, Meksiko telah mengerahkan hampir 15.000 tentara dan Garda Nasional di utara negara itu untuk membendung aliran imigrasi ilegal melintasi perbatasan ke Amerika Serikat.

 

Sumber : Reuters 

Terjemahan : (NTV /Cal)