Peluang AS dan Iran Bertemu di Forum PBB Kian Tipis

Peluang pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dan Presiden Iran Hassan Rouhani minggu depan untuk pertemuan tahunan para pemimpin dunia di PBB telah berkurang sejak serangan terhadap fasilitas minyak Saudi.
Peluang AS dan Iran Bertemu di Forum  PBB Kian Tipis
Bendera AS dan Iran (the Indian express)

Washington, Nusantaratv.com - Peluang pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dan Presiden Iran Hassan Rouhani minggu depan untuk pertemuan tahunan para pemimpin dunia di PBB telah berkurang sejak serangan terhadap fasilitas minyak Saudi.

 Ketika dunia menunggu untuk melihat apa yang terjadi selanjutnya dan Washington serta Sekretaris Jenderal AS Antonio Guterres menyarankan Dewan Keamanan AS untuk berperan setelah serangan hari Sabtu, beberapa perhatian telah beralih ke kapan dan bagaimana hal itu bisa terjadi. 

"Saya yakin bahwa di New York kita akan banyak berbicara tentang ini dan bahwa Saudi juga akan melakukannya," kata Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo pada hari Rabu. 

"Kami ingin resolusi damai, memang saya pikir kami telah menunjukkan itu." 

Baca Juga : Militer AS Berkonsultasi dengan Saudi Untuk Menekan Ancaman dari Utara

Amerika Serikat dan sekutunya Arab Saudi menyalahkan Iran atas serangan terhadap fasilitas pemrosesan minyak mentah terbesar di dunia dan mengatakan mereka akan memberikan bukti untuk mendukung hal itu. 

Kelompok Houthi yang berpihak Iran-Yaman, yang telah berjuang melawan koalisi militer yang dipimpin Saudi sejak 2015, telah mengklaim bertanggung jawab.

 Duta Besar AS untuk Saudi, Abdallah Al-Mouallimi, menulis kepada Dewan pada hari Rabu untuk secara resmi melaporkan serangan itu dan untuk mengundang para pakar AS untuk berpartisipasi dalam penyelidikan. 

"Semua tanda dan indikator awal mengungkapkan bahwa serangan ini tidak berasal dari tanah Yaman seperti yang diklaim oleh milisi teroris Houthi, dan bahwa senjata yang digunakan adalah buatan Iran," tulis Al-Mouallimi.

 

Sumber : Reuters 

Terjemahan : (NTV/Cal)