Meksiko Tahan 800 Imigran Tanpa Dokumen

Meksiko Tahan 800 Imigran Tanpa Dokumen
Mexico City (temblornet)

Jakarta, Nusantaratv.com -Pejabat Meksiko menahan hampir 800 imigran tidak berdokumen di Meksiko timur dengan empat truk pada hari Sabtu (15/6/19).

 

Institut Migrasi Nasional Meksiko (INM) mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Sabtu malam bahwa 791 warga asing ditemukan di truk-truk yang berhenti di negara bagian Veracruz di bagian timur negara itu, membenarkan laporan sebelumnya tentang penahanan massal.  

 

 

Kekhawatiran itu datang ketika Meksiko meningkatkan upaya untuk mengurangi lonjakan migran menuju perbatasan AS di bawah tekanan dari Presiden AS Donald Trump, yang telah berjanji untuk memukul barang-barang Meksiko dengan tarif jika Meksiko tidak membendung imigrasi ilegal. Meksiko membuat kesepakatan pada 7 Juni dengan Amerika Serikat untuk menghindari tarif, menetapkan waktu berdetak pada periode 45 hari bagi pemerintah Meksiko untuk membuat kemajuan yang nyata dalam mengurangi jumlah orang yang mencoba menyeberangi perbatasan A.S. secara ilegal.

 

  Ada lompatan dalam kekhawatiran di perbatasan AS-Meksiko tahun ini, membuat marah Trump, yang telah membuat pengurangan imigrasi ilegal salah satu janji kebijakan tanda tangannya. IKLAN Sebagian besar dari mereka yang tertangkap berusaha memasuki Amerika Serikat adalah orang-orang yang melarikan diri dari kemiskinan dan kekerasan di tiga negara Amerika Tengah yang bermasalah, Guatemala, Honduras dan El Salvador. 

 

Keputusan Meksiko untuk memperketat perbatasannya dan menanggapi ancaman Trump telah menyebabkan ketegangan di dalam pemerintah, dan pada hari Jumat, kepala INM, Tonatiuh Guillen, mengundurkan diri. Dia digantikan oleh Francisco Garduno, yang sebelumnya menjabat sebagai kepala sistem penjara Meksiko.

 

Sumber : Reuters

Terjemahan : (NTV /Cal)