Meksiko Lirik Brasil Untuk Kesepakatan Suaka AS

Meksiko Lirik Brasil Untuk Kesepakatan Suaka AS
Menteri Luar Negeri Meksiko Marcelo Ebrard

Mexico, Nusantaratv.com -Meksiko dan Amerika Serikat dapat mengeksplorasi langkah-langkah tambahan bulan depan untuk membatasi imigrasi ilegal dari Amerika Tengah, dengan ancaman tarif tergantung di Meksiko jika tidak melakukan cukup untuk memenuhi tuntutan A.S., kata para pejabat pada hari Senin (10/6/19).

 

Menteri Luar Negeri Meksiko Marcelo Ebrard mengatakan Brasil, Panama, dan Guatemala mungkin perlu dibawa untuk membantu jika kesepakatan yang diumumkan minggu lalu antara Washington dan Meksiko gagal untuk mengurangi jumlah migran yang terikat A.S. yang melintasi Meksiko.

 

Kesepakatan yang dicapai pada hari Jumat mencegah tarif impor untuk semua barang Meksiko, yang Presiden AS Donald Trump telah bersumpah untuk memberlakukan kecuali Meksiko berbuat lebih banyak untuk menghentikan migrasi.

 

Pemerintahan Trump mengatakan pada hari Senin bahwa mereka masih dapat menerapkan tarif jika menilai bahwa Meksiko belum melakukan cukup, dengan Sekretaris Negara A.S. Mike Pompeo mengatakan kepada wartawan bahwa pihaknya memperkirakan akan melihat hasilnya dalam empat hingga enam minggu.

 

Kesepakatan pemutusan antara kedua negara pekan lalu berarti Meksiko akan memperluas program di mana migran mengajukan suaka di Amerika Serikat menunggu proses di Meksiko. Meksiko juga berjanji untuk memperkuat perbatasan selatannya dengan Guatemala dengan 6.000 anggota Polisi Militer Penjaga Nasionalnya.

 

Poin penting dalam pembicaraan pekan lalu adalah permintaan A.S. agar Meksiko dinyatakan sebagai negara ketiga yang aman bagi para pencari suaka, mengharuskan mereka untuk mencari perlindungan di Meksiko jika mereka melewati negara itu dalam perjalanan ke Amerika Serikat.

 

Meksiko menolak permintaan itu, meskipun Ebrard mengungkapkan akan kembali ke meja jika Meksiko tidak dapat membendung aliran migran menuju ke perbatasan A.S.

 

"Jika kami tidak memiliki hasil tentang apa yang kami lakukan (dalam 45 hari), kami akan memulai percakapan tentang apa yang mereka inginkan, yaitu bahwa Meksiko akan menjadi negara ketiga yang aman," katanya kepada radio Meksiko.

 

Langkah seperti itu akan meminta pemerintah Meksiko untuk berkonsultasi dengan Senat tentang bagaimana untuk melanjutkan, kata Ebrard.

 

Trump mengatakan pada Senin sore, Meksiko akan segera mengumumkan bagian yang tidak diungkapkan dari kesepakatan yang harus diambil oleh Kongres Meksiko. Dia tidak menawarkan rincian lebih lanjut.

 

“Mereka harus mendapatkan persetujuan, dan mereka akan mendapatkan persetujuan. Jika mereka tidak mendapatkan persetujuan, kita harus memikirkan dalam hal tarif atau apa pun, "katanya kepada wartawan di Gedung Putih.

 

Saham A.S. lebih tinggi pada hari Senin setelah kesepakatan, meredakan kekhawatiran tentang dampak perang perdagangan lain terhadap ekonomi global. Peso Meksiko naik lebih dari 2% terhadap dolar.

 

Sumber : CNN

Terjemahan : (NTV /Cal)