Kemungkinan The Fed Akan Menaikkan Suku Bunga

Kemungkinan The Fed Akan Menaikkan Suku Bunga
The Fed

Jakarta, Nusantaratv.com - Bank sentral AS Federal Reserve menyatakan suku bunga acuan cenderung akan naik pada Desember 2017 mendatang. Adapun pada tahun 2018, suku bunga acuan Fed Fund Rate (FFR) akan naik sebanyak tiga kali.Anggota Federal Open Market Committee (FOMC) John Williams menyatakan, kenaikan suku bunga FFR pada Desember 2017 adalah kebijakan yang masuk akal.

"Saya merasa kebijakan kenaikan suku bunga akan meruncing tahun depan, sejalan dengan suku bunga acuan yang kembali secara gradual ke level normal sekitar 2,5 persen," ujar Williams seperti dikutip dari BBC, Jumat (10/11/2017).

Saat ini, target inti suku bunga FFR adalah 1 hingga 1,25 persen. Ini adalah level tertinggi sejak 2008, ketika para pemangku kebijakan memangkas suku bunga untuk mendorong pinjaman dan belanja sejak krisis finansial. The Fed menaikkan suku bunga acuan untuk pertama kalinya pada Desember 2016 lalu. Kemudian, The Fed menyesuaikan suku bunga FFR pada Desember 2016, Maret 2017, dan Juni 2017.

Williams pun menuturkan, bank-bank sentra di seluruh dunia menghadapi permasalahan baru."Karena pergeseran fundamental pada demografi dan pertumbuhan yang lebih lambat, maka kondisi normal yang baru bagi suku bunga acuan adalah cenderung lebih rendah di masa depan ketimbang di masa lalu," ungkap Williams. Hal ini tentu menjadi tantangan, bagaimana mengoperasikan kebijakan moneter secara efektif ketika kondisi normal yang baru adalah 2,5 hingga 3 persen. (kom)